Sindir Netanyahu, Komisaris PBB: Tentara Israel adalah Salah Satu Paling Kriminal di Dunia

Asap dari api memenuhi udara saat rakyat Palestina bentrok dengan pasukan Israel di kota Nablus, Tepi Barat.
Sumber :
  • AP Photo/Majdi Mohammed

Jenewa – Komisaris Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Chris Sidoti merespons omongan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Sebelumnya, Netanyahu mengklaim tentara Israel adalah pasukan paling bermoral di dunia.

Tentara Israel Bunuh 10 Orang Keluarga Pemimpin Hamas di Gaza Utara

Menurut Sidoti, pernyataan Netanyahu tak masuk akal. Ia mengatakan demikian karena melihat agresi militer Israel di jalur Gaza.

"Tentara Israel adalah tentara paling bermoral di dunia. Maksud saya, ini adalah sesuatu yang berulang kali dikatakan oleh perdana menteri Israel saat ini, Netanyahu," kata Sidoti, dikutip dari Middle East Monitor, Jumat, 21 Juni 2024.

India 'Membalas Bantuan' dengan Pasokan Senjata Militer untuk Israel di Tengah Perang Gaza

Dia mengaku awalnya tak punya wewenang untuk melakukan penilaian moralitas terhadap siapa pun.

Namun, dengan jabatan yang dia pegang, Sidoti punya wewenang untuk melakukan penilaian terhadap tindakan criminal termasuk yang dilakukan tantara Israel.

Israel Bersiap Lindungi Netanyahu Jika Surat Perintah Penangkapan ICC Dikeluarkan

"Jadi tahukah anda, saya tidak tahu apakah mereka salah satu tentara yang paling bermoral di dunia atau tidak?" lanjut Sidoti. 

Netanyahu (Doc: Anadolu Ajansi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

"Tapi, saya punya keahlian di dalamnya, saya punya wewenang untuk melakukan penilaian terhadap tindakan kriminal," ujar Sidoti.

Ia pun menyimpulkan tindakan tantara Israel terhadap rakyat Palestina sebagai aksi kriminal di dunia.

"Dan satu-satunya kesimpulan yang bisa anda ambil adalah bahwa tentara Israel adalah salah satu tentara paling kriminal di dunia," kata Sidoti.

Zionis Israel saat ini tengah jadi sorotan dunia internasional. Kecaman bertubi-tubi tertuju ke Israel imbas serangan brutal di Gaza, Palestina. Meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera antara Israel dengan Hamas.

Dari data sementara otoritas setempat, sekitar 37.100 warga Palestina terbunuh di Gaza. Sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak. Lalu, hampir 84.700 lainnya jadi korban luka-luka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya