Tabrakan Kereta Api di Chile, 2 Orang Tewas dan 9 Orang Luka-luka

Dua kereta yang bertabrakan di San Bernardo, Santiago, Chile.
Sumber :
  • AP

Chile – Setidaknya dua pekerja kereta api tewas dan sembilan lainnya terluka pada Kamis ketika sebuah kereta barang bertabrakan dengan kereta lain dalam uji coba di luar ibu kota Chile, sebuah kecelakaan fatal yang jarang terjadi di negara Amerika Selatan tersebut.

Siswa SMP di Deliserdang Tewas Usai Dihukum Squat Jump 100 Kali, Keluarga Ungkap Kronologinya

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki untuk mengetahui penyebab tabrakan, yang menyebabkan gerbong uji berada sepenuhnya di atas kereta barang. Pihak berwenang mengatakan mereka menahan pengemudi kereta uji dan operator kereta api untuk diinterogasi atas tuduhan pembunuhan yang tidak disengaja.

Polisi memeriksa dua kereta yang bertabrakan di San Bernardo, Santiago, Chile.

Photo :
  • AP
Hizbullah Konfirmasi Kematian Pemimpin Hassan Nasrallah

Foto dan video kejadian menunjukkan satu gerbong terlempar beberapa meter ke udara di atas kereta kargo yang rusak parah. Dua lusin kendaraan darurat menyerbu puing-puing logam saat helikopter terbang di atas San Bernardo, sebuah distrik di selatan ibu kota Santiago. Layanan kereta api di Santiago tetap ditangguhkan pada Kamis setelah kecelakaan itu.

Kereta barang dengan delapan gerbong itu membawa 1.346 ton tembaga, ekspor utama Chile, dan membawa beberapa orang di dalamnya sementara kereta lainnya membawa 10 pekerja yang menjalankan tes kecepatan, kata perusahaan kereta api negara.

Wanita Cantik Tewas Dalam Lemari, Ayah Resti Widia Sempat Ada Firasat Aneh

Rekaman kamera keamanan menunjukkan kedua kereta melaju dengan kecepatan tinggi ketika saling bertabrakan. Belum jelas mengapa kereta uji tersebut tidak diperingatkan akan kedatangan kereta barang.

“Kita harus mengidentifikasi penyebabnya dan mengambil tindakan yang sesuai,” kata Menteri Transportasi Juan Carlos Muñoz dikutip dari The Associated Press.

Pihak berwenang mengidentifikasi dua orang yang tewas sebagai awak kereta barang. Sembilan orang lainnya terluka, termasuk empat warga negara Tiongkok yang mengoperasikan kereta uji. Petugas medis mengatakan enam orang masih dirawat di rumah sakit, satu di antaranya berada dalam perawatan intensif.

Evakuasi dua kereta yang bertabrakan di San Bernardo, Santiago, Chile.

Photo :
  • AP

Hujan deras yang telah mereda di Santiago pada hari Kamis, tampaknya tidak memberikan kontribusi terhadap tabrakan tersebut.

Kecelakaan kereta api jarang terjadi di Chile. Pemerintah secara signifikan meningkatkan kesadaran keselamatannya setelah tabrakan tahun 2001 yang melibatkan kereta penumpang dan sebuah bus yang menewaskan 20 orang dan melukai lebih banyak lagi. Sejak itu, negara ini belum pernah mengalami kecelakaan fatal, meskipun empat kali tergelincir dan kecelakaan lainnya dalam dua dekade terakhir telah melukai puluhan orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya