Viral Anak Pengusaha Tajir Saudi Sukarela Bantu Jemaah Haji, Kekayaannya Rp 119 Triliun

Anak Sulaiman Ar Rajhi
Sumber :
  • instagram @saudinesia.id

VIVA – Putra Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi, pengusaha tajir dan terkenal di Arab Saudi menjadi relawan para jemaah haji secara sukarela. Hal itu terlihat dari video yang diunggah oleh saudinesia.id di Instagram pada Rabu, 19 Juni 2024.

Jemaah Dilarang Bawa Air Zamzam Dalam Koper Bagasi, PPIH: Akan Dibongkar!

Tindakan putra Sulaiman Abdul Aziz Al Rajhi yang melayani jemaah haji dianggap sebagai perbuatan terhormat di Arab Saudi. Hal itu juga pernah diungkapkan oleh Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) pada tahun 2012 silam, ia mengingatkan bahwa Allah telah memberikan kehormatan kepada Arab Saudi untuk melayani jemaah haji dan umrah dari seluruh dunia. Sehingga warga Arab Saudi juga dapat membantu jemaah haji secara sukarela.

Sulaiman Ar Rajhi

Photo :
  • i
Kemenag RI: Jemaah Haji Perempuan Sedang Haid Tidak Wajib Tawaf Wada

Diketahui bahwa bisnis Sulaiman dan keluarganya sangat terkenal di Arab Saudi. Mereka awalnya mendirikan perusahaan induk penukaran uang yang kemudian beralih ke sektor perbankan, khususnya bank syariah bernama Al Rajhi Bank.

Al Rajhi Bank kemudian menjadi bank syariah terbesar di dunia yang mengakibatkan kekayaan Sulaiman meningkat pesat.Pada tahun 2011, Forbes mencatat kekayaannya mencapai US$ 7,7 miliar atau Rp 119 triliun. Kekayaan itu membuat namanya masuk dalam 100 orang terkaya di seluruh dunia.

Pemulangan Jemaah Haji Alami Keterlambatan

Meskipun memiliki harta ratusan triliun, Sulaiman berbeda dengan orang kaya pada umumnya. Ia tidak berfoya-foya, tidak memiliki mobil mewah, tidak memiliki pesawat pribadi dan selalu bepergian dengan pesawat kelas ekonomi.

Sebagai seseorang yang pernah hidup dalam kemiskinan, Sulaiman tahu persis betapa tidak menyenangkannya hidup miskin. Akan tetapi, ia juga tidak serta merta menggunakan hartanya untuk hal yang ia rasa tidak perlu

Alasan Sulaiman bersikap demikian karena dia takut berdosa. Dia tidak ingin kekayaannya tidak dapat dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Hal ini membuatnya selalu menggunakan hartanya untuk kegiatan amal.

Pada puncaknya pada tahun 2015, Sulaiman membagikan seluruh hartanya kepada masyarakat tidak mampu di Arab Saudi. Dia juga mengalihkan kepemilikan sahamnya di Al Rajhi Bank ke berbagai lembaga amal.

Kegiatan amal rutin ini membuat nama Sulaiman dan keluarga dikenal sebagai pengusaha paling dermawan dari Arab Saudi. Hal ini juga tertanam pada putranya yang bertugas menjadi pelayan jemaah haji. Aksi ini lantas mendapat pujian dari warganet soal dirinya yang rendah hati dan mau membantu sesama umat Muslim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya