Spesifikasi Canggih Mobil Produksi Rusia yang Jemput Putin saat Tiba di Korut

Mobil Limosin Aurus Senat Rusia yang diberikan Presiden Putin ke Kim Jong Un
Sumber :
  • Ist

Pyongyang – Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Pyongyang, pada Rabu, 19 Juni 2024. Kedatangan Putin disambut secara langsung oleh Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un di bandara, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Suzuki akan Setop Jualan Jimny dan Ignis, Ada Tapinya

Setelah sambutan hangat pertemuan, Putin diketahui dijemput dengan menggunakan mobil Aurus, yang diproduksi langsung oleh Rusia.

Lalu, apa itu mobil Aurus?

Waspada Teror Airbag Palsu!

Aurus didirikan setelah Putin menugaskan negara tersebut untuk memproduksi sendiri mobil mewah, dengan model pertamanya bernama Senat, dan diproduksi mulai tahun 2018. Mobil mewah buatan Rusia ini diketahui mirip dengan Rolls-Royce.

Kim Jong Un Berbincang Dengan Vladimir Putin (Doc: TASS)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Terpopuler: Matik Baru Honda Konsumsi BBM 46 Kpl, Cicilan Mobil Setara Gaji UMR

Dijalankan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute Rusia (NAMI), Aurus diciptakan mengikuti instruksi Putin untuk membuat kendaraan kepresidenan sendiri.

Putin telah menggunakan Aurus Senat sejak 2018 sebagai kendaraan kepresidenan pribadinya, dan mobil tersebut tersedia untuk umum sejak 2021.

Apa sebenarnya Senat Aurus itu?

Senat adalah sedan besar yang hadir dalam tiga bentuk, Senat standar, Senat Long, dan Senat Limousine, yang terakhir lebih mirip Mercedes-Maybach Pullman dengan bodywork memanjang.

Menurut situs perusahaan tersebut, Senat Limousine adalah mobil mewah pertama dari Rusia, dan mewakili kebangkitan potensi industri, ilmu pengetahuan dan teknologi Rusia.

Dilansir dari Car Magazine, Rabu, 19 Juni 2024, kendaraan ini sepenuhnya lapis baja, tidak mengherankan mengingat Putin juga menggunakannya.

Selain itu, mobil Aurus tersebut menggunakan mesin V8 hybrid twin-turbo 4,4 liter yang menghasilkan tenaga 590bhp dan torsi 649lb ft. Mesinnya dikembangkan oleh NAMI namun Porsche dikatakan juga terlibat di dalamnya. 

Aurus sejak itu memperluas jangkauannya dengan menyertakan SUV Komendant, yang diluncurkan di Rusia pada tahun 2023. 

Bisakah Anda membeli Aurus hanya di Rusia?

Aurus pertama-tama dan terutama menciptakan mobil untuk pelanggan pribuminya yang paling cerdas, yaitu Putin sendiri. Namun, hal ini selalu mengisyaratkan niat untuk berekspansi ke luar Rusia.

Senat Aurus bahkan ditampilkan di Geneva Motor Show 2019, pameran pertamanya di Eropa setelah diumumkan di pameran motor Moskow setahun sebelumnya.

Aurus awalnya berencana mengekspor sedan mewah tersebut ke Timur Tengah dan Tiongkok, namun setelah invasi Rusia ke Ukraina, rencana ekspansi apa pun terhenti.

Model Aurus diproduksi dalam jumlah kecil, dengan hanya 31 mobil yang dilaporkan terjual di Rusia pada tahun 2022, menguasai 8 persen dari keseluruhan pasar mobil mewah di negara tersebut.

Tidak jelas apa dampak penarikan produsen mobil Barat dari pasar Rusia setelah konflik Ukraina terhadap penjualannya. 

Apa pendapat pemimpin Korea Utara tentang mobil barunya?

Saat berkunjung ke Rusia pada September 2023, Kim Jong Un dilaporkan memeriksa Limusin Aurus Senat pribadi Putin dan menyukainya. Putin akhirnya memberikan Kim hadiah mobil tersebut.

Menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) yang dikelola pemerintah, saudara perempuan Kim, dan pejabat senior Pyongyang, Kim Yo Jong mengucapkan terima kasih kepada Putin atas nama saudara laki-lakinya.

"Hadiah tersebut berfungsi sebagai demonstrasi yang jelas tentang hubungan pribadi khusus antara para petinggi dan para pemimpin," kata Yo Jong.

Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Bandara Pyongyang, Korea Utara

Photo :
  • kremlin.ru

Namun, hadiah tersebut dianggap melanggar sanksi Dewan Keamanan PBB yang melarang ekspor tertentu ke negara tersebut, termasuk barang-barang mewah, dan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dikatakan sedang memantau dengan cermat kerja sama antara Rusia dan Korea Utara. 

Kim Jong Un sebagai penggemar berat mobil dan, meskipun ada sanksi PBB, ia telah mengumpulkan koleksi kendaraan mewah asing, menggunakan Mercedes-Maybach S-Class baru pada kunjungan sebelumnya ke Rusia pada tahun 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya