Jelang Pertemuan dengan Kim Jong Un, Baliho Putin Terpampang di Jalanan Korut

Potret Bendera dan Wajah Putin Berkibar di Ibu Kota Korut (Doc: NK News)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Pyongyang – Korea Utara bersiap menggelar karpet merah untuk menyambut kunjungan resmi Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Selasa, 18 Juni 2024. 

Said PDIP Sebut Pertemuan Prabowo-Megawati Sebelum Pelantikan, Bantah soal Bagi-bagi Kursi

Selain itu, jalan-jalan di Pyongyang juga telah dihiasi dengan bendera Rusia dan potret pemimpin Rusia tersebut.

Gambar dan video ibu kota Korea Utara yang diposting oleh wartawan RIA Novosti yang meliput perjalanan Putin menunjukkan bendera besar Rusia yang berkibar dari tiang lampu pinggir jalan.

Sadis, Tentara Ukraina Siksa dan Gantung Warga Sipil Rusia di Gereja

Rekaman itu juga memperlihatkan potret besar Putin dengan latar belakang warna nasional Rusia dan beberapa spanduk menyambut Putin dalam bahasa Rusia dan Korea, beberapa di antaranya menggembar-gemborkan “persahabatan dan persatuan Korea-Rusia yang tidak dapat dipatahkan.”

VIVA Militer: Vladimir Putin dan Kim Jong-un

Photo :
  • sputnikmediabank.com
Megawati Tersenyum Soal Pertemuan dengan Prabowo

Putin dijadwalkan mendarat di Korea Utara pada hari Selasa untuk kunjungan kenegaraan dua hari dan melakukan pembicaraan dengan pemimpin DPRK Kim Jong Un.

Kedua belah pihak diperkirakan akan membahas sejumlah masalah di bidang politik, ekonomi dan keamanan, dan Putin telah menyetujui rencana untuk menandatangani “Perjanjian Kemitraan Strategis Komprehensif” untuk meningkatkan hubungan bilateral selama pertemuan puncak tersebut.

Rusia telah mengumumkan bahwa Putin akan menghadiri konser perayaan selama kunjungannya, dan analisis citra satelit NK Pro menunjukkan bahwa pihak berwenang Korea Utara sedang mempersiapkan acara berskala besar di Lapangan Kim Il Sung untuk kunjungan pertama Putin ke negara tersebut dalam 24 tahun.

Gambar-gambar yang diterbitkan oleh media Rusia mengkonfirmasi bahwa sebuah acara akan berlangsung di alun-alun di pusat Pyongyang, yang memperlihatkan bendera Korut dan Rusia di salah satu gedung pemerintah.

Chris Monday, pakar Rusia di Universitas Dongseo, mengatakan kepada NK News bahwa persiapan yang matang dan fakta bahwa wajah Putin terpampang di seluruh ibu kota memperjelas bahwa ini bukan sekadar tur kesopanan, karena kedua belah pihak bersiap untuk hal-hal besar yang akan terjadi.”

“Karena Putin dan Kim adalah penguasa dinasti, perjanjian mereka kemungkinan besar bersifat informal dan dirahasiakan,” katanya.

“Inilah keuntungan dari aturan keluarga," sambungnya, dikutip dari NK News, Selasa, 19 Juni 2024.

Pemimpin Rusia itu tiba di wilayah Timur Jauh Rusia di Yakutia pada hari Selasa, dan dia diperkirakan akan berangkat ke Korea Utara pada hari berikutnya. 

Delegasinya akan mencakup beberapa pejabat tinggi, termasuk kepala pertahanan Rusia, menteri luar negeri, menteri kesehatan, wakil perdana menteri, kepala badan antariksa dan gubernur Primorsky Krai, yang berbatasan dengan Korut.

Gambar yang dirilis oleh Kantor Berita TASS Rusia menunjukkan bahwa pesawat pemerintah Rusia Il-96-300 (nomor ekor RA-96018) yang biasanya menemani Putin dalam kunjungan ke luar negeri telah tiba di bandara Pyongyang pada Selasa sore.

Beberapa jet pemerintah Rusia lainnya mendarat di ibu kota Korea Utara pada hari Senin dan pagi ini, termasuk Tu-204-300 (RA-64057) dan Airbus A319-115 (RA-73025), menurut situs pelacakan penerbangan Flightradar24.

NK Pro sebelumnya mengidentifikasi setidaknya tiga pesawat kargo asing yang diparkir di bandara Pyongyang, kemungkinan mengindikasikan kedatangan tim persiapan lebih awal.

Putin akan mengakhiri kunjungannya ke Korut pada hari Rabu, 19 Juni 2024, dan kemudian melakukan perjalanan ke Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya