Selandia Baru Gelontorkan Rp 82 Miliar untuk Bantuan Kemanusiaan Bagi Palestina

Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters
Sumber :
  • Anadolu Ajansi

WellingtonSelandia Baru akan menggelontorkan tambahan US$ 5 juta (Rp 82 miliar) kepada Program Pangan Dunia dan UNICEF untuk dukungan kemanusiaan di Gaza. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri, Winston Peters, pada Senin pagi, 17 Juni 2024.

Drone Israel Jatuhkan Bom di Lebanon Selatan, Perang Dimulai

“Situasi kemanusiaan di Gaza adalah bencana besar,” tulis Winston Peters di X.

“Selandia Baru akan memberikan tambahan US$ 5 juta kepada Program Pangan Dunia dan UNICEF untuk bantuan darurat pangan, sanitasi dan kesehatan. Hal ini menjadikan total dukungan kemanusiaan Selandia Baru bagi mereka yang terkena dampak konflik Israel-Hamas menjadi US$ 22 juta (Rp 360,8 miliar),” tambahnya, dikutip dari Middle East Monitor, Selasa, 18 Juni 2024.

Tentara Israel Bunuh 10 Orang Keluarga Pemimpin Hamas di Gaza Utara

bendera Palestina

Photo :
  • Brahim Guedich/Wikimedia

Selain menewaskan lebih dari 37.300 warga Palestina, serangan militer dan blokade Israel selama delapan bulan di Gaza telah menjerumuskan wilayah tersebut ke dalam krisis kemanusiaan. 

India 'Membalas Bantuan' dengan Pasokan Senjata Militer untuk Israel di Tengah Perang Gaza

Badan-badan bantuan internasional melaporkan kelaparan yang meluas dan ratusan ribu orang berada di ambang kelaparan.

Israel juga dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasinya di kota Rafah di bagian selatan, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya