Arab Saudi Berikan Layanan Kesehatan pada 77 Ribu Jemaah Haji, Termasuk 16 Operasi Jantung

Tim kesehatan Arab Saudi mengevakuasi jemaah haji sakit
Sumber :
  • X @saudiMOH

VIVA Kementerian Kesehatan Arab Saudi memiliki komitmen berkelanjutannya untuk menjamin kesejahteraan jemaah haji. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi, telah memberikan layanan kesehatan komprehensif kepada lebih dari 77.000 jemaah selama musim haji 1445 H.

Rekomendasi Pansus Haji Dinilai Banyak Kejanggalan

Layanan ini aktif sejak hari pertama Zulqodah sampai ke hari keenam Zulhijah 1445 Hijriah. Laporan statistik terperinci yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan menyoroti beragamnya dukungan medis yang ditawarkan.

Hal ini mencakup layanan di klinik medis dan khusus, penyediaan farmasi, serta dukungan melalui pusat dialisis, unit perawatan intensif, dan unit isolasi.

Hari Nasional ke-94 Saudi, Zulhas Sebut Ada Peningkatan Kerjasama Senilai 10,8 Persen

"Kementerian juga melakukan 16 operasi jantung terbuka, 200 kateterisasi jantung, dan 584 prosedur dialisis selama periode ini," kata Kemenkes Saudi dalam laporannya, dikutip dari Saudi Gazette, Jumat, 14 Juni 2024.

Arab Saudi menyiagakan ambulance untuk melayani jemaah haji yang sakit

Photo :
  • X @SaudiMOH
Momen Sejumlah Tokoh Hadiri Peringatan Hari Nasional Arab Saudi ke-94

Selanjutnya, total 1.745 jamaah haji dirawat di rumah sakit dan pusat kesehatan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang diperlukan.

Kementerian Kesehatan Saudi juga menekankan dedikasi sistem kesehatan Kerajaan untuk mempertahankan tingkat layanan tertinggi bagi jamaah haji.

Komitmen ini ditegakkan oleh kombinasi staf medis dan administrasi yang terampil dan didukung oleh fasilitas kesehatan yang lengkap dan pusat-pusat yang berlokasi strategis di Makkah, Madinah, dan tempat-tempat suci, untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan jamaah sepanjang perjalanan spiritual mereka.

Ambulance Udara

Selain itu, Fahad Al-Jalajel, Menteri Kesehatan dan Ketua Dewan Direksi Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi (SRCA), meluncurkan layanan ambulans udara via helikopter dari Zam Zam Tower yang berdekatan dengan Masjidil Haram di Makkah pada hari Rabu.

Inisiatif ini merupakan bagian dari persiapan kementerian dalam menyambut jemaah haji dan memberikan berbagai kemampuan untuk menyelamatkan nyawa dan menjaga kesehatan mereka selama musim haji tahun 2024.

Ambulance helikopter mengevakuasi jemaah haji di sekitaran Masjidil Haram

Photo :
  • @mediasrca

Layanan ambulans udara Kerajaan sangat luar biasa berkat kemampuannya dalam menjangkau pasien di berbagai lokasi dengan cepat, menyediakan layanan khusus, dan layanan ambulan khusus. layanan medis darurat, dan mengangkut pasien ke fasilitas kesehatan khusus dalam waktu singkat.

Pelayanan ini merupakan bagian dari sistem kesehatan terpadu yang dimulai dari penerimaan panggilan darurat, pemberian pelayanan, dan diakhiri dengan pemindahan pasien ke fasilitas kesehatan khusus.

 Tahun ini, pihak berwenang mengerahkan tujuh helikopter di berbagai wilayah di sekitar Masjidil Haram dan Tempat Suci untuk menjangkau semua pasien dan orang yang terluka. Peluncuran layanan tersebut di kawasan sekitar Masjidil Haram di Makkah yang dinilai strategis untuk menjangkau jamaah sepanjang hari-hari haji.

Layanan ini adalah bagian dari upaya sistem kesehatan, yang direncanakan dengan cermat dan dilaksanakan dengan penuh perhatian dan perhatian bagi setiap jamaah. Sistem ini menyediakan berbagai layanan kesehatan, termasuk layanan ambulans udara, melalui tim khusus Saudi yang berkualifikasi tinggi untuk menangani semua jenis kasus darurat dengan menggunakan peralatan medis canggih terkini untuk melayani jamaah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya