Gagal Cegah Serangan Hamas, Bos Intelijen Israel Mundur

VIVA Militer: Mayor Jenderal Aharon Haliva
Sumber :
  • Twitter/@nexta_tv

Tel Aviv – Kepala direktorat intelijen militer Israel mengundurkan diri, pada Senin, 22 April 2024, karena kegagalan mencegah serangan Hamas pada 7 Oktober yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Jokowi Setujui Pengunduran Diri Seskab Pramono Anung pada 22 September

Mundurnya kepala direktorat intelijen ini menjadi tokoh senior pertama yang mengundurkan diri karena perannya dalam serangan Hamas, yang paling mematikan dalam sejarah Israel.

VIVA Militer: Serangan roket Hamas Palestina ke Israel

Photo :
  • reuters.com
Kisah Pilu Gadis 10 Tahun Tewas Dihantam Rudal Israel saat Bermain Sepatu Roda

Selain itu, pengunduran diri Mayor Jenderal Aharon Haliva dapat memicu dampak yang lebih besar dari para petinggi keamanan Israel.

“Direktorat intelijen di bawah komando saya tidak menjalankan tugas yang diberikan kepada kami. Aku membawa hari kelam itu bersamaku sejak saat itu, hari demi hari, malam demi malam. Saya akan menanggung rasa sakit akibat perang selamanya,” tulis Haliva dalam surat pengunduran dirinya, dikutip dari Alarabiya.

PM Israel Netanyahu Tegaskan Tak Ada Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza

Tak lama setelah perang, Haliva secara terbuka mengatakan bahwa dialah yang disalahkan karena tidak mencegah serangan tersebut sebagai kepala departemen militer, yang bertanggung jawab untuk memberikan peringatan intelijen dan peringatan harian kepada pemerintah dan militer.

Militer mengatakan dalam pernyataannya bahwa kepala staf militer menerima permintaan Haliva untuk mengundurkan diri dan berterima kasih atas pengabdiannya selama 38 tahun.

Haliva, serta para pemimpin militer dan keamanan lainnya, diperkirakan akan mengundurkan diri sebagai tanggapan atas kegagalan besar yang terjadi hingga 7 Oktober dan besarnya keganasan yang terjadi.

VIVA Militer: Penyergapan tentara Israel oleh pasukan Hamas di Gaza

Photo :
  • ilkha.com

Namun, waktu pengunduran diri tersebut masih belum jelas karena Israel masih memerangi Hamas di Gaza dan memerangi kelompok militan Lebanon Hizbullah di utara.

Ketegangan dengan Iran juga meningkat menyusul serangan antara kedua musuh tersebut.

Beberapa pakar militer mengatakan pengunduran diri pada saat Israel terlibat dalam berbagai bidang adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab dan dapat ditafsirkan sebagai tanda kelemahan.

Meskipun Haliva dan pihak-pihak lain telah menerima kesalahan karena gagal menghentikan serangan tersebut, pihak lain juga tidak melakukan hal yang sama, terutama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang mengatakan bahwa ia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit mengenai perannya, namun belum secara langsung mengakui tanggung jawab langsung atas membiarkan serangan tersebut terjadi.

Netanyahu juga belum mengindikasikan akan mundur, meski gerakan protes yang kian meningkat menuntut pemilu segera diadakan.

Serangan Hamas, yang terjadi pada hari libur Yahudi, membuat Israel dan lembaga keamanan sepenuhnya lengah.

Rasa percaya masyarakat Israel terhadap militer, yang dipandang oleh sebagian besar orang Yahudi sebagai salah satu institusi paling tepercaya di negara itu, hancur ketika menghadapi serangan Hamas. Pengunduran diri ini dianggap dapat membantu memulihkan sebagian kepercayaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya