Iran Pastikan Fasilitas Nuklir di Isfahan Aman Usai Serangan Israel

VIVA Militer: Serangan rudal Israel di Bandara Internasional Aleppo, Suriah
Sumber :
  • outlookindia.com

Iran – Militer Israel telah melakukan serangan rudal terhadap Iran. Ada juga laporan ledakan di Irak dan Suriah. 

Kisah Pilu Gadis 10 Tahun Tewas Dihantam Rudal Israel saat Bermain Sepatu Roda

Kantor berita Iran, Fars, melaporkan ledakan terdengar di sebuah bandara di kota Isfahan, Iran, namun penyebabnya belum diketahui. 

Para pejabat mengatakan kota Isfahan tengah diserang pada pukul 5 pagi waktu setempat. 

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan PM Israel Benjamin Netanyahu

Photo :

Kota Isfahan menjadi lokasi salah satu fasilitas nuklir Iran, termasuk Natanz, pusat program pengayaan uranium bawa tanah Iran, yang berulang kali menjadi sasaran dugaan serangan sabotase Israel.

Utusan Palestina untuk Uni Eropa: Tidak Ada Prospek Serius Stop Perang dan Genosida di Gaza

Namun, media pemerintah Tasnim menggambarkan semua lokasi di wilayah tersebut “sepenuhnya aman.”  Sumber militer AS juga melaporkan bahwa target tersebut diyakini bukan instalasi nuklir melansir laporan ABC News, Jumat, 19 April 2024.”

Berita pemerintah Iran melaporkan sistem pertahanan udara negara tersebut telah diaktifkan, dan menembaki objek tak dikenal di Tabriz, sekitar 500 mil sebelah utara Isfahan.

Sejauh mana serangan Israel dan senjata yang digunakan masih belum jelas. 

Kantor berita Iran, IRNA, serangan Israel menyasar  pangkalan udara utama di Isfahan, yang telah lama menjadi rumah bagi armada F-14 Tomcat buatan Amerika – yang dibeli sebelum Revolusi Islam tahun 1979.

Diketahui, serangan tersebut tampaknya merupakan respons yang Israel janjikan untuk dilakukan setelah serangan Iran pada pekan lalu, ketika Teheran menembakkan ratusan drone dan rudal ke Israel. Sebagian besar tembakan Iran berhasil dicegat atau hanya menimbulkan sedikit kerusakan.

Pekan ini, AS dan sekutu Barat lainnya telah mendesak Israel untuk tidak melakukan serangan militer guna menghindari konflik regional yang muncul akibat perang Israe-Hamas. 

Kekhawatiran tersebut meningkat ketika serangan udara yang dilakukan oleh Israel, menewaskan dua komandan militer Iran di konsulat negara tersebut di Damaskus, Suriah, pada tanggal 1 April.

VIVA Militer: Rudal hipersonik Iran gagal dibendung sistem Iron Dome Israel

Photo :
  • almaydeen.net

Iran mengatakan serangan hari Minggu terhadap Israel adalah respons terhadap hal tersebut. 

Wilayah ini berada di ambang konflik yang lebih luas sejak Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang, dan invasi Israel berikutnya ke Gaza, yang menurut pejabat kesehatan Gaza telah menewaskan lebih dari 30.000 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya