5 Alasan Amerika Serikat Jadi Negara Militer Terkuat di Dunia

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat di Timur Tengah
Sumber :
  • aawsat.com

Jakarta - Menurut Global Fire Power, kini Amerika Serikat menempati peringkat paling atas sebagai militer terkuat di dunia dan mengalahkan Rusia serta China.

Setahun Perang Israel-Hamas, AS Sudah Nyumbang Rp 280,7 Triliun Bantuan Militer

Selain memiliki militer terkuat, Amerika Serikat juga selalu menempati perekonomian yang sangat besar serta memiliki peran kepemimpinan di perusahaan-perusahan Internasional. Berikut beberapa alasan Amerika Serikat menjadi negara terkuat di dunia, dilansir berbagai sumber:

1. Memiliki Pasukan Militer Paling Banyak

Jenderal Pasukan Elite Israel Akui Kemenangan Hamas dalam Perang Gaza

VIVA Militer: Pasukan Amerika Serikat di Timur Tengah

Photo :
  • foxnews.com

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memiliki personil militer paling banyak di dunia sekitar 1,8 juta. Maka dari itu, negara Adidaya tersebut mampu mempersiapkan segala ancaman dari Rusia, Tiongkok, Al Qaeda, ISIS hingga Taliban.

AS Wanti-wanti Israel Tak Serang Bandara Beirut

Selain itu juga, Amerika Serikat didukung dengan teknologi militer yang terbilang sangat canggih dan mampu berinovasi untuk mengembangkan senjata baru.

2. Dana Sangat Besar

VIVA Militer: Prajurit Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces)

Photo :
  • chinadailyhk.com

Militer Amerika Serikat menjadi terkuat di dunia disebabkan dengan beberapa faktor, salah satunya dana untuk pertahanan mencapai 600 miliar dolar US atau setara Rp9.343 triliun per tahun.

Maka sudah tidak heran jika militer Amerika Serikat sangat dominasi dari berbagai segi baik itu Angkatan Darat, Angkatan Udara hingga Angkatan Laut.

3. Memiliki Pangkalan Militer Terbanyak

VIVA Militer: Prajurit Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces)

Photo :
  • freepik.com

Kini Amerika Serikat Memiliki banyak pangkalan militer di berbagai negara. Hal tersebut bertujuan untuk membantu negara yang telah bersekutu dengan militer Amerika Serikat.

Selain itu juga, menjadi tuan rumah pangkalan militer Amerika di negara lain adalah pertahanan dan keamanan nasional tambahan yang disediakannya. Hanya memiliki tentara Amerika Serikat di lokasi akan memberikan stabilitas instan ke suatu daerah, baik melalui keahlian mereka dan kekuatan tentara yang mereka wakili.

4. Alutsista Canggih

VIVA Militer: Armada tempur Angkatan Laut Amerika Serikat di Laut Merah

Photo :
  • foxnews.com

Kini Amerika Serikat memiliki perlengkapan militer yang luar biasa seperti mempunyai 6.125 senjata nuklir, 11 kapal induk, 68 kapal selam nuklir, 3.761 pesawat tempur, 867 helikopter tempur, 5.500 tank baja serta 133 kapal perang.

Jadi tidak heran jika Amerika Serikat menjadi negara dengan militer terkuat di dunia. Selain itu juga, mereka memiliki beberapa pasukan khusus yang terbilang sangat kuat.

5. Tergabung Dalam NATO

VIVA Militer: Proses evakuasi tentara Amerika Serikat

Photo :
  • tasnimnews.com

Alasan terakhir jika Amerika Serikat menjadi negara dengan militer terkuat di dunia karena mereka tergabung dalam North Atlantic Treaty Organization (NATO) yang terdiri dari 30 negara.

Jika Amerika Serikat mendapatkan serangan dari negara musuh, maka mereka akan mendapatkan banyak dukungan serta bantuan dari ke-30 negara yang tergabung dalam Nato seperti Jerman, Inggris hingga Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya