Netanyahu Bakal Mobilisasi Tentara Israel Besar-besaran untuk Gempur Rafah

Tentara Israel, tank, howitzer dan kendaraan lapis baja terlihat ketika mobilitas militer Israel terus berlanjut di perbatasan Gaza, di Nahal Oz (Doc: Anadolu Ajansi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel Aviv – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, pada Sabtu, 10 Februari 2024, meminta tentara Israel untuk memobilisasi tentara cadangan mereka sebagai persiapan serangan darat di kota Rafah, Jalur Gaza selatan.

PM Israel Netanyahu Tegaskan Tak Ada Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza

Menurut media Channel 13, Kepala Staf Umum Herzi Halevi berkata, “Tentara akan mampu menangani misi apa pun, namun ada aspek politik yang harus ditangani terlebih dahulu.”

Melansir dari Middle East Monitor, Senin, 12 Februari 2024, seorang pejabat senior Israel, yang memilih untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada saluran tersebut bahwa operasi di Rafah semakin dekat.

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Jumat, 9 Februari 2024, memerintahkan militer untuk mengajukan rencana ganda untuk mengevakuasi warga Palestina dari Rafah, rumah bagi lebih dari 1 juta penduduk yang mencari perlindungan dari perang, dan untuk mengalahkan batalion Hamas yang tersisa.

Utusan Palestina untuk Uni Eropa: Tidak Ada Prospek Serius Stop Perang dan Genosida di Gaza

Sebagai informasi, warga Palestina mencari perlindungan di Rafah ketika Israel menggempur wilayah tersebut setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.

Pemboman mereka di wilayah Gaza sejauh ini telah menewaskan lebih dari 28.000 orang, danmenyebabkan kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan dasar.

Serangan Israel di Gaza juga telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut rusak atau hancur, menurut PBB.

Ajwa, Bocah 10 Tahun yang Tewas Akibat Rudal Israel (Doc: X)

Kisah Pilu Gadis 10 Tahun Tewas Dihantam Rudal Israel saat Bermain Sepatu Roda

Kisah Pilu Bocah 10 Tahun Tewas Kena Rudal Israel Saat Bermain Sepatu Roda

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024