WNI di Korsel Hingga Amerika Serikat Lakukan Pencoblosan Pemilu Hari Ini

Ilustrasi pencoblosan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Seoul – Sejumlah lokasi di luar negeri sudah mulai melakukan pencoblosan untuk Pemilu RI sejak 5 Februari 2024. Khusus untuk hari ini, Sabtu, 10 Februari 2024, banyak lokasi yang melangsungkan kegiatan pencoblosan mulai dari negara dari Asia, Eropa, Amerika Serikat (AS), Australia, hingga Afrika.

Kata Menlu Retno Soal Ada Geng WNI di Jepang

Kedutaan Besar Indonesia di Seoul, mendorong para Warga Negara Indonesia (WNI) di kawasan tersebut untuk melakukan pencoblosan pada pemilu. Kuasa Usaha KBRI Zelda Wulan Kartika mengatakan pemilihan umum diselenggarakan untuk memilih presiden dan wakil presiden, serta anggota legislatif di tingkat provinsi dan kota, yang berlangsung pada 14 Februari 2024.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA
KPU Sebut Presiden Jokowi Minta Masyarakat Hindari Politik Identitas di Pilkada 2024

Menurut perwakilan dari KBRI Seoul, panitia akan menyelenggarakan pemilu di 29 TPS yang berlokasi di 21 kota di Korea Selatan.

Para WNI di Korsel juga dapat memilih lebih awal pada 10 Februari di kota-kota seperti Busan, Gwangju, dan Daegu.

Isu ‘Geng WNI’ Bikin Resah di Jepang, DPR Dorong Kemlu Lakukan Ini

"Sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di sini juga akan berlibur. Mereka baru bisa mencoblos pada tanggal 10 Februari," kata Kartika, dikutip dari Korea Herald.

Sementara itu, menurut Zelda KBRI juga telah menginformasikan kepada Kementerian Luar Negeri dan Badan Kepolisian Nasional Korea terkait pemilu, agar penyelenggaraan tersebut berjalan aman.

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara itu, pejabat kedutaan juga menyoroti bahwa prioritas kedutaan adalah melindungi WNI di Korea Selatan, dengan 54.479 WNI tinggal di Korea Selatan per 31 Desember 2023 lalu.

Zelda menegaskan pemilu adalah puncak demokrasi di Indonesia, sama seperti di Korea Selatan yang juga merupakan negara demokrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya