Dampak Konflik di Laut Merah, Pengamat Soroti Ancaman Krisis Pangan dan Energi Global

VIVA Militer: Kapal tanker STRINDA dihantam rudal milisi Houthi
Sumber :
  • cnn.com

Jakarta – Agresi pasukan Israel ke Negara Palestina yang telah berlangsung sejak 7 Oktober 2023 lalu menimbulkan efek yang luas. Kelompok Houthi Yaman, sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan Palestina, menyerang kapal-kapal milik Israel atau yang mendukung tindakan Israel dan sedang bernavigasi di seputaran Laut Merah

Jelang Nataru, Kapal Tanker PIS Rokan dan Natuna Perkuat Distribusi Energi Nasional

Merespons kondisi tersebut, kini Amerika Serikat yang merupakan sekutu terdekat Israel membentuk satgas guna mengamankan Laut Merah dari serangan Houthi. Ketegangan di Laut Merah pun kini semakin meningkat.

Pengamat Maritim IKAL SC Marcellus Hakeng Jayawibawa

Photo :
  • Dok. Istimewa
Bulog Kini Langsung Diawasi Prabowo, Zulhas: Enggak Bisa Komersial Lagi

Mengenai situasi tersebut, Pengamat Maritim dari Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Strategic Center (IKAL SC), Marcellus Hakeng Jayawibawa mengatakan, apapun bentuk tindak serangan dari kelompok Houthi tidak dapat dibenarkan. Apalagi hal tersebut dilakukan di jalur pelayaran Internasional. 

"Serangan Houthi menjadi ancaman serius bagi perdagangan bebas internasional dan keamanan maritim. Bisa dibayangkan kalau tindakan tersebut kemudian ditiru oleh kelompok-kelompok lainnya di seluruh dunia?” kata Hakeng dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 12 Januari 2024.

Daftar Harga Pangan 21 November 2024: Telur Ayam hingga Minyak Goreng Naik

Tindakan ilegal dari kelompok Houthi ini, menurut Hakeng, membahayakan terhadap kapal-kapal yang sedang berlayar dan tentu saja mengancam ribuan nyawa pelaut di kapal yang tidak terkait dengan konflik kedua negara tersebut. Bahkan, kata Hakeng, pemilik kapal akan mengalami kerugian yang besar bila kapal tersebut sampai hancur. 

"Pihak asuransi sendiri dalam pengamatan saya telah menaikkan premi asuransi bagi kapal-kapal yang hendak melewati wilayah tersebut sebagai imbas ketegangan yang meningkat. Di lain pihak, patut diduga pihak Perusahaan Pelayaran akan mengalami kesulitan dalam melakukan klaim asuransi karena situasi force majeure (overmacht) yang terjadi,” ujar Hakeng. 

Apabila Laut Merah terblokade dalam waktu lama, kata Hakeng, pelayaran yang melalui Terusan Suez akan ikut terganggu. Saat ini saja menurutnya sudah sekitar 35% dari pelayaran berbendera Amerika Serikat yang mengalihkan pelayarannya. 

Banyak perusahaan pelayaran komersial telah mengalihkan operasi mereka, dengan membuat kapal-kapal mereka menjauhi Laut Merah dan aksesnya ke Laut Tengah melalui Terusan Suez. Bahkan sudah banyak Perusahaan pelayaran yang memutuskan kapal-kapalnya memutar dan menggunakan jalur yang semakin jauh yaitu melalui Tanjung Harapan di ujung Selatan Afrika. 

Akibat dari rute perjalanan yang semakin jauh maka mempengaruhi pula terhadap waktu perjalanan pelayaran serta konsumsi bahan bakar kapal-kapal angkutan kargo dan angkutan lain tersebut. Selain itu rute pelayaran yang semakin jauh akan mempengaruhi biaya angkutan logistik, dimana Eropa dan Negara-Negara di Mediterania akan menanggung dampak paling parah. 

"Begitu juga dengan perdagangan ke Asia akan merasakan imbasnya imbuh," ujarnya 

Mengutip dari The Global Trade Research Initiative memperkirakan dampak ekonomi perubahan rute pelayaran tersebut akan meningkatkan biaya pelayaran sekitar 40-60 persen, kemudian kenaikan biaya asuransi 15-20 persen, dan ada potensi rusak sebagian atau seluruh kargo yang dibawanya akibat rute pelayaran yag berubah. 

VIVA Militer: Kapal tanker Norwegia, Stride, dihantam rudal milisi Houthi Yaman

Photo :
  • 9news.com.au

Perusahaan ekspedisi raksasa Maersk dan CMA CGM misalnya, mereka akan mengenakan biaya tambahan terkait pengalihan rute kapal. 

“Situasi itu tentu juga ikut mempengaruhi harga minyak dan gas di pasaran Internasional. Misal Harga Minyak mentah berjangka Brent pada akhir Desember lalu naik 92 sen, atau 1,2 persen, menjadi 80,31 dolar AS per barel pada 1445 GMT. Pasokan barang pangan juga ikut terpengaruh akibat konflik di Laut Merah tersebut,” kata Hakeng.

Terhambat atau berkurangnya  pasokan minyak dan gas dunia juga akan berpengaruh terhadap harga minyak dan gas di Indonesia. "Akibatnya efek domino terhadap kenaikan harga pangan atau bahan pangan pokok akan terjadi di Indonesia pula," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya