Arab Saudi Resmi Bergabung Kelompok BRICS, Ada Rusia dan China Juga

Bendera Arab Saudi.
Sumber :
  • Ist

Riyadh – Media pemerintah Arab Saudi mengatakan, pada Selasa, 2 Januari 2024, bahwa Kerajaan Saudi telah secara resmi bergabung dengan blok negara-negara BRICS.

Jangan Anggap Remeh, Peran Perempuan Kelola UMKM Bisa Gerakan Ekonomi Nasional

Menteri Luar Negeri Arab Saudi telah mengatakan pada bulan Agustus bahwa Kerajaan tersebut akan mempelajari rinciannya sebelum usulan tanggal bergabung pada 1 Januari dan mengambil keputusan yang tepat.

"Kelompok BRICS adalah saluran yang bermanfaat dan penting untuk memperkuat kerja sama ekonomi," kata Pangeran Faisal Bin Farhan, dikutip dari Middle East Monitor, Rabu, 3 Januari 2023.

Strategi Ekonomi Tiongkok Hadapi Pengawasan di Tengah Meningkatnya Tantangan Internal

Presiden Jokowi hadiri KTT BRICS ke-15 di Johannesburg, Republik Afrika Selatan

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Blok BRIC sebelumnya mencakup Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, namun kini akan berlipat ganda dengan Arab Saudi bergabung dengan Uni Emirat Arab, Mesir, Iran, dan Ethiopia sebagai anggota baru.

Ancam Prancis, Rudal Nuklir Rusia Mampu Hancurkan Kotanya dalam 3 Menit

Masuknya Arab Saudi terjadi di tengah ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat (AS) dan China, serta perluasan pengaruh Beijing di Riyadh.

Meskipun hubungan yang kuat dengan AS terus berlanjut, Arab Saudi semakin mengambil langkah sendiri karena kekhawatiran bahwa Washington kurang berkomitmen terhadap keamanan Teluk seperti di masa lalu.

China, pelanggan minyak terbesar Arab Saudi, telah memimpin seruan agar BRICS berekspansi untuk menjadi penyeimbang terhadap negara-negara Barat.

Perluasan ini dapat memperkuat ambisi kelompok tersebut untuk menjadi pemimpin negara-negara Selatan, meskipun pada bulan November Argentina memberi isyarat bahwa mereka tidak akan menerima undangan untuk bergabung.

Tumtum maskot resmi Ri di World Expo 2025 Osaka

Mengenal Tumtum, Simbol Promosi Ekonomi RI di World Expo 2025

Tumtum adalah simbol kuat dari apa yang ingin pemerintah tampilkan kepada dunia, khususnya di bidang ekonomi.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2024