Kondisi RS Indonesia di Gaza Memprihatinkan, Jarum Suntik Dipakai Berkali-kali

Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara
Sumber :
  • Mer-C

Jakarta – Kondisi Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina, makin mencekam setelah serangan bom menyasar di sekitar rumah sakit. Situasi krisis yang tak terkendalikan dan blokade total Tel Aviv juga berimbas pada pasokan medis dan bantuan kemanusiaan lainnya.

Kisah Pilu Gadis 10 Tahun Tewas Dihantam Rudal Israel saat Bermain Sepatu Roda

Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad mengatakan selain pasien, banyak warga yang turut berlindung di Rumah Sakit Indonesia.

"Situasi pas Kamis, 9 November 2023, malam kan kita dengar ada serangan rudal. Ada 11 sampai 15 rudallah yang menyasar sampai di sekitar rumah sakit. Itu bukan serangan pertama, tapi serangan yang sudah ke sekian kalinya," kata Sarbini.

Jokowi Bilang Kematian Akibat Stroke dan Jantung di Jatim Tertinggi Ketiga se-Indonesia

Serangan rudal Israel menghancurkan wilayah Jabaliya, Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Abdul Qader Sabbah

"Rumah-rumah yang berada di sekitar rumah sakit hancur. Nah, serangan ini menjadi teror terhadap warga yang mencari perlindungan di rumah sakit ini. Intinya, tidak aman di rumah sakit, harus keluar dari rumah sakit. Itu yang diciptakan oleh Israel," ujarnya.

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Tidak hanya itu, dia juga membeberkan mengenai standar perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit Indonesia di Gaza, yang saat ini sudah tak berlaku lagi. "Obatan-obatan dan segala macem tuh enggak tahu kapan sudah habis, jarum suntik berkali-kali digunakan," katanya.

Korban warga Gaza yang dirawat di RS Indonesia juga banyak yang mengalami infeksi. Bahkan, disebut sampai muncul belatung.

Israel mulai menyerang Jalur Gaza setelah milisi Hamas melakukan serangan mendadak ysng belum pernah terjadi sebelumnya pada 7 Oktober 2023. Dalam serangan tersebut, menurut tentara Israel 1.400 orang tewas, termasuk warga sipil.

Israel Kembali Serang Gaza Palestina

Photo :
  • (AP Photo/Hatem Moussa)

Sementara itu, dalam serangan balasan melalui udara dan darat, 10.569 warga Palestina, termasuk 4.324 anak-anak dan 2.823 wanita, juga dinyatskan tewas.

Selain banyaknya korban jiwa dan pengungsian besar-besaran, pasokan kebutuhan pokok bagi 2,3 juta penduduk Gaza semakin menipis akibat pengepungan Israel dan blokade total di wilayah itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya