Ngambek, Donald Trump Walk Out saat Persidangan

Donald Trump keluar persidangan
Sumber :
  • The Guardian

VIVA Dunia – Mantan Presiden AS Donald Trump walk out atau keluar dari ruang sidang saat menghadiri kasus persidangan penipuan sipilnya pada hari Rabu, beberapa saat setelah mantan pengacaranya Michael Cohen mundur pada kesaksian sebelumnya tentang apakah ia berbohong kepada Kongres.

Debat Perdana Capres AS, Begini Kata Trump dan Biden soal Perang Israel-Palestina

Melansir CNBC, Cohen tampaknya menawarkan kesaksian yang tidak konsisten minggu ini tentang apakah Trump mengarahkannya atau mantan organisasi Trump CFO Allen Weisselberg untuk “mengembangkan” angka pada laporan keuangan pribadinya.

Ketika Cohen akhirnya menyatakan bahwa Trump tidak pernah secara langsung menginstruksikannya untuk meningkatkan nilai asetnya, pengacara Trump meminta hakim untuk mengeluarkan vonis terarah yang menguntungkan Trump dengan alasan bahwa kasus mereka baru saja terbukti.

Debat Perdana Capres AS 2024, Tim Kampanye Sebut Trump Lebih Unggul atas Biden

Donald Trump saat bertemu wartawan usai persidangannya

Photo :
  • CNBC News

Namun, hakim menolak mosi itu.

Joe Biden di Debat Capres AS: Kami Bereskan Bencana yang Dibuat Trump

Pada kejadian itu, Donald Trump pun itu mengangkat tangannya, berdiri dan berkata, "Aku akan pergi," dan berjalan keluar dari ruang sidang yang dibuntuti oleh agen-agen Secret Service sebagai anggota ruang sidang dengan terengah-engah.

Dilaporkan agen-agen Secret Service mengejar Trump ketika dia meninggalkan pengadilan, dalam sebuah langkah yang digambarkan sebagai "sama sekali tidak terduga dan mengejutkan bahkan bagi pengacaranya sendiri."

Begitu berada di luar, Trump mengatakan kepada wartawan, “Saksi baru saja mengakui bahwa kami memenangkan persidangan. Dan hakim harus segera mengakhiri persidangan ini.”

Sebelumnya pada hari yang sama, Trump didenda $10.000 oleh hakim dalam kasus tersebut karena melanggar perintah pembungkaman saat jeda sidang ketika ia berbicara kepada wartawan di luar gedung pengadilan.

“Hakim ini adalah hakim yang sangat partisan dan ada orang yang sangat partisan yang duduk di sampingnya, bahkan mungkin jauh lebih partisan daripada dia,” kata Trump saat itu, sebuah pernyataan yang menurut hakim kemungkinan mengacu pada seorang panitera.

Cohen dijatuhi hukuman tiga tahun penjara federal pada akhir tahun 2018 setelah mengatakan kepada pihak berwenang bahwa dia membantu mengoordinasikan pembayaran rahasia kepada sejumlah wanita atas nama Trump, termasuk kepada mantan bintang film porno Stormy Daniels, dalam upaya untuk merahasiakan dugaan perselingkuhan presiden menjelang pemilu.

Pengacara presiden yang sudah lama menjabat, yang mewakili Trump dari tahun 2006 hingga 2018, juga mengaku bersalah karena berbohong kepada Kongres mengenai proyek real estat Rusia yang sedang diselesaikan Trump selama kampanye tahun 2016.

Pencalonan Trump pada pemilu tahun 2016 telah diselidiki atas dugaan adanya kaitan dengan campur tangan Rusia, yang menurut para kritikus membantu presiden memenangkan pemilu bersejarah dan mengejutkan tersebut.

Kehadiran Trump pada hari Rabu di pengadilan terjadi sebagai bagian dari kasus penipuan yang diajukan terhadap dirinya dan eksekutif senior di perusahaannya oleh Jaksa Agung New York Letitia James.

Donald Trump keluar persidangan

Photo :
  • The Guardian

Gugatan tersebut menuduh bahwa mantan presiden, dengan bantuan anak-anaknya yang sudah dewasa dan para eksekutif yang disebutkan dalam pengajuan, secara keliru “menggelembungkan” kekayaan bersihnya hingga miliaran dolar dalam upaya membujuk bank untuk meminjamkan uang kepada Trump Organization dengan persyaratan yang lebih menguntungkan dan untuk memperoleh manfaat ekonomi dan pajak lainnya.

Sejak meninggalkan jabatan Presidennya pada tahun 2021, Trump telah terperosok dalam sejumlah masalah hukum dan investigasi di berbagai bidang, termasuk perilaku politik dan urusan bisnisnya.

Empat dari investigasi tersebut telah menghasilkan dakwaan: yang pertama menjadikannya satu-satunya presiden AS yang menghadapi tuntutan pidana, dan dua investigasi berikutnya semakin membedakannya sebagai satu-satunya presiden yang menghadapi dakwaan federal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya