Presiden Prancis Ingatkan Israel Hal Ini Jika Invasi Darat ke Gaza

VIVA Militer: Presiden Prancis, Emmanuel Macron
Sumber :
  • The Independent

Prancis – Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan serangan darat besar-besaran Israel ke Gaza bisa jadi sebuah kesalahan. Ia menyoroti kondisi tersebut bisa merugikan warga sipil tanpa menjamin keamanan jangka panjang Israel.

Kekurangan Bahan Bakar, Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza Utara Segera Berhenti Beroperasi

Dilansir dari France24, Jumat, 27 Oktober 2023, Peringatan itu disampaikan ketika Macron berdiskusi di Kairo dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi yang juga mendesak upaya menghindari invasi darat di Gaza sebagai buntut konfrontasi Israel dengan Hamas.

VIVA Militer: Presiden Prancis, Emmanuel Macron

Photo :
  • Euronews
AS Sudah Pasok 10 Ribu Bom dan Rudal untuk Israel sejak Konflik Pecah Gaza

"Intervensi besar-besaran yang akan membahayakan nyawa warga sipil adalah sebuah kesalahan," kata Macron setelah bertemu Sisi.

Tak hanya itu, Macron juga menegaskan operasi darat bisa menelan lebih banyak korban sipil dibandingkan serangan udara yang telah dilakukan Israel di Jalur Gaza dalam beberapa waktu terakhir.

Debat Perdana Capres AS, Begini Kata Trump dan Biden soal Perang Israel-Palestina

"Hal itu juga merupakan kesalahan bagi Israel karena tidak mungkin memberikan perlindungan jangka panjang dan karena tidak sesuai dengan perlindungan penduduk sipil atau menghormati hukum kemanusiaan internasional dan aturan perang," tutur Macron.

Selain memperingatkan rencana invasi darat, Macron juga mengumumkan bantuan dari Prancis terhadap rumah sakit di Jalur Gaza yang krisis bahan bakar imbas blokade Israel.

Setelah lebih dari dua minggu dibombardir dan dikepung tanpa henti oleh Israel, sistem layanan kesehatan di Gaza yang sudah rapuh terancam runtuh, dengan rumah sakit kehabisan pasokan penting dan bahan bakar untuk pembangkit listrik.

Prancis disebut akan mengirimkan kapal Angkatan Laut untuk mendukung rumah sakit di Gaza dalam 48 jam mendatang, kemudian satu pesawat penuh peralatan medis ke Mesir untuk diangkut ke Gaza lewat penyeberangan Rafah.

Tel Aviv memulai perang dengan Hamas setelah kelompok militan itu melancarkan serangan dadakan yang menewaskan lebih dari 1.400 orang di Israel.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Abir Sultan/Pool Photo via AP

Pejabat Hamas mengatakan sejauh ini serangan Israel telah menewaskan lebih dari 6.500 warga Palestina, sebagian besar warga sipil. Ada kekhawatiran jumlah korban jiwa bisa bertambah jika Israel terus melakukan invasi darat dalam upaya menghancurkan Hamas dan menyelamatkan para sandera.

Mesir dan Yordania adalah dua negara Arab pertama yang menjalin hubungan dengan Israel, masing-masing pada tahun 1979 dan 1994, dan sejak itu memainkan peran mediator utama.

Kairo telah menjadi salah satu perantara utama dalam upaya pembebasan lebih dari 200 sandera yang kini ditahan di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya