Dianggap Promosikan LGBT, Film Barbie Dilarang Tayang di Lebanon dan Kuwait

Film Barbie
Sumber :
  • ist

VIVA Dunia – Kuwait telah melarang pemutaran film Barbie di negara mereka, dalam upaya mereka untuk melindungi "etika publik dan tradisi sosial", sementara seorang menteri Lebanon mengambil langkah untuk menyensor film tersebut dengan alasan "mempromosikan homoseksualitas dan transformasi seksual". 

Lebanon Siaga Tinggi Jelang Serangan Besar Israel, 150 Rumah Sakit Disiapkan

Larangan Kuwait datang tak lama setelah menteri kebudayaan negara Lebanon Mohammad Mortada mengkritik film tersebut, mengatakan bahwa film itu "bertentangan dengan nilai-nilai iman dan moralitas" dengan mengurangi pentingnya unit keluarga, menurut laporan Sky News, Jumat, 11 Agustus 2023. 

Barbie, yang disutradarai oleh Greta Gerwig dan dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling, telah meraup lebih dari $1 miliar dalam penjualan box office di seluruh dunia 

Siap Gempur Hizbullah, Israel Ancam Jadikan Lebanon Seperti Gaza

Film Barbie

Photo :
  • ist

Ini adalah film pertama yang disutradarai oleh wanita solo yang melampaui tolok ukur film miliaran dolar. 

Wakil Presiden Komisi Uni Eropa Kunjungi Timur Tengah, Israel Tidak Termasuk

Mortada mengatakan alur cerita mendukung menolak perwalian ayah, meremehkan dan mengolok-olok peran ibu, dan mempertanyakan perlunya pernikahan dan memiliki keluarga.

Menteri itu didukung oleh kelompok bersenjata Syiah Hizbullah, yang pimpinannya Sayyed Hassan Nasrallah baru-baru ini meningkatkan retorika terhadap komunitas LGBT, termasuk pidato baru-baru ini di mana dia mengatakan tindakan homoseksual harus dihukum mati. 

Dia meminta otoritas Lebanon untuk mengambil tindakan terhadap materi yang dia anggap mempromosikan homoseksualitas, termasuk dengan "melarang" mereka, dan mengatakan homoseksualitas menimbulkan "bahaya yang akan segera terjadi" ke Lebanon. 

Menteri Dalam Negeri Lebanon Bassam Mawlawi kini merujuk film tersebut ke komite sensor keamanan umum negara itu, yang akan meninjau film tersebut dan memberikan rekomendasi. 

Meskipun film tersebut tidak memuat referensi terbuka tentang hubungan sesama jenis, film tersebut telah diterima secara luas oleh penonton LGBT di seluruh dunia.

Barbie dijadwalkan diputar di bioskop-bioskop Lebanon mulai 31 Agustus. 

Tahun lalu, Mawlawi melarang acara yang "mempromosikan penyimpangan seksual" di Lebanon, yang dipahami merujuk pada pertemuan LGBT.

Pada hari Selasa, kabinet Lebanon mendesak warga untuk "berpegang teguh" pada nilai-nilai keluarga setelah pertemuan dengan pendeta Kristen terkemuka negara itu Patriark Bechara Boutros al-Rai, meskipun tidak menyebut komunitas LGBT secara khusus. 

Ayman Mhanna, direktur eksekutif di Yayasan Samir Kassir sipil nirlaba (sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia di Lebanon dan di seluruh dunia Arab), mengatakan bahwa langkah Mortada datang di tengah "gelombang kefanatikan".

Mhanna berkata: "Ini adalah bagian dari kampanye yang lebih luas yang menyatukan Hizbullah, Kristen sayap kanan, dan pemimpin agama top lainnya dalam kampanye terfokus melawan orang-orang LGBT".

 Sebelumnya dipandang sebagai tempat yang aman bagi komunitas LGBT di Timur Tengah yang sebagian besar konservatif, Lebanon adalah negara Arab pertama yang mengadakan pekan kebanggaan gay atau pride month pada tahun 2017. 

Masjid Al Kabeer, Kuwait.

Photo :

Selain Lebanon, Barbie juga telah dilarang di Vietnam karena adegan yang menampilkan peta yang menunjukkan wilayah yang diklaim secara sepihak oleh China di Laut China Selatan. Di Filipina, adegan yang sama menampilkan peta buram. Rilis Barbie juga ditunda di provinsi Punjab Pakistan karena "konten yang tidak pantas". 

Sementara itu, pada saat yang sama Kuwait melarang Barbie, Kuwait juga melarang film horor Australia Talk To Me, yang memasukkan aktor transeksual dalam pemerannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya