Prancis Kerahkan 45 Ribu Pasukan Keamanan untuk Redam Kerusuhan, 1.311 Orang Ditangkap

Kerusuhan terjadi di Prancis saat aksi protes atas penembakan yang dilakukan polisi terhadap remaja berusia 17 tahun.
Sumber :
  • AP Photo.

Paris – Pihak berwenang Prancis, pada Sabtu 1 Juli 2023, mengirim pasukan tambahan ke kota-kota titik panas aksi protes atas insiden terbunuhnya remaja berusia 17 tahun oleh seorang polisi. Aksi protes ini telah berlangsung selama 5 hari.

Laporan Kepolisian Ungkap Cedera Parah yang Dialami Liam Payne Sebelum Meninggal

Polisi Prancis telah menangkap 1.311 orang pada Jumat malam hingga Sabtu, angka tertinggi sejak protes kekerasan dimulai. Nahel M diduga ditembak oleh seorang polisi dalam jarak dekat di Nanterre pinggiran barat Paris pada Selasa.

Toko-toko dijarah dan balai kota di berbagai lokasi di seluruh negeri diserang oleh geng-geng, seringkali terdiri dari remaja yang diorganisir di media sosial dan dipersenjatai dengan kembang api.

Polisi Ungkap Sang Koboi Penodong Pistol Anggota PPSU Pasar Minggu Positif Narkoba

Ilustrasi tentara Prancis.

Photo :
  • AP Photo/Christophe Ena.

Melansir CNA, Menteri Dalam Negeri, Gerald Darmanin, mengatakan kepada wartawan bahwa 45.000 anggota pasukan keamanan akan dikerahkan pada Sabtu malam hingga Minggu - jumlah yang sama dengan malam sebelumnya. Pasukan dan peralatan tambahan telah dikirim ke Lyon, Grenoble dan Marseille, yang mengalami kerusuhan terburuk pada malam sebelumnya.

Ngeri, Kelompok Agama di Malaysia Lecehkan 402 Anak-anak di Bawah Umur

Paris dan daerah sekitarnya akan diawasi oleh 7.000 petugas, katanya. Jumlah pasukan akan "diperkuat secara signifikan" di kota-kota ini" untuk memulihkan sepenuhnya tatanan republik", kata Darmanin.

Sejumlah kota memberlakukan jam malam.

Protes atas kematian remaja tersebut, yang berasal dari Aljazair, sekali lagi mengungkap ketegangan rasial yang parah di Prancis modern, dan meningkatkan pengawasan terhadap polisi yang telah lama dituduh memilih minoritas.

Istimewa

Kombes Ade Ri Perintahkan Jajarannya untuk Kolaborasi dengan Warga Jaga Kamtibmas

Polres Metro Jakarta Selatan telah memberikan penghargaan untuk personel kepolisian hingga warga karena sudah mau membantu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah huku

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024