Kim Jong Un Lockdown Satu Kota karena Kehilangan 653 Peluru

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.
Sumber :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

VIVA Dunia – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah melakukan lockdown atau mengunci seluruh kota setelah 653 peluru hilang selama penarikan militer, demikian klaim sebuah laporan.

Gara-gara Gagal Cegah Banjir, Kim Jong Un Ngamuk dan Bakal Eksekusi Mati 30 Pejabat

Para pejabat diktator itu telah mencari dari rumah ke rumah di kota Hyesan, yang berpenduduk sekitar 200 ribu orang untuk mencari amunisi yang hilang, kata dua sumber kepada Radio Free Asia.

"Kota akan tetap terkunci sampai semua 653 peluru ditemukan," kata seorang penduduk provinsi utara Ryanggang, tempat Hyesan berada, secara anonim kepada RFA's Korean Service.

Setelah Drone Bunuh Diri, Kim Jong-un Tunjukkan Senjata Pemusnah Korea Utara Terbaru

VIVA Militer: Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memantau latihan militer

Photo :
  • Daily NK

Amunisi senapan serbu ditemukan hilang pada 7 Maret lalu, ketika tentara Korps ke-7 Tentara Rakyat Korea ditarik dari daerah sekitar kota, yang terletak di perbatasan dengan China.

Abangnya Mati Misterius, Pembelot Korut Bongkar Letak Fasilitas Nuklir Kim Jong-un

Mereka telah dikerahkan di sana pada tahun 2020 untuk menegakkan penutupan perbatasan pada awal pandemi COVID-19.

"Mereka mundur sepenuhnya antara 25 Februari dan 10 Maret, tetapi penyelidikan ekstensif sedang dilakukan kini karena kehilangan peluru selama proses evakuasi," kata warga Ryanggang itu.

Ketika itu terjadi, para prajurit awalnya tidak melaporkannya ,tetapi mencoba mencari untuk menemukan sendiri peluru yang hilang, menurut sumber tersebut. 

"Tetapi ketika peluru yang hilang tidak dapat ditemukan, mereka memberi tahu warga dan memulai pencarian yang ketat," katanya.

Polisi dan militer melakukan penyelidikan, menutup seluruh kota, dan mulai menggeledah dari rumah ke rumah, kata sumber itu.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • USA Today

"Mereka yang telah melihat atau mengambil sejumlah peluru diminta untuk melaporkannya sesegera mungkin," lanjut sumber anonim itu.

Mereka yang tidak melaporkan peluru yang mereka temukan maka akan dihukum, kata sumber itu. "Tidak ada petunjuk bahkan setelah sepuluh hari berlalu sejak penyelidikan ini dimulai," kata sumber tersebut.

Warga telah menantikan penarikan tentara dari daerah tersebut, tetapi selama penyelidikan mereka akan memiliki kebebasan bergerak yang lebih sedikit, kata seorang pejabat provinsi Ryanggang, yang meminta anonimitas untuk berbicara dengan bebas, kepada RFA.

"Minggu lalu, perintah dikeluarkan untuk pabrik, peternakan, kelompok sosial dan unit pengawasan lingkungan di provinsi untuk secara aktif bekerja sama dengan penyelidikan terkait amunisi," kata pejabat tersebut, menambahkan bahwa ketika peluru tidak ditemukan setelah sepuluh hari, penyelidikan pihak berwenang terpaksa berbohong untuk menyebarkan ketakutan di kalangan masyarakat.

"Mereka mencoba menekan warga dengan menggertak bahwa penarikan itu adalah manuver yang berkaitan dengan keselamatan Martabat Tertinggi dari pasukan reaksioner," kata pejabat itu, menggunakan sebutan kehormatan untuk merujuk pada pemimpin negara itu. 

Memindahkan pasukan sebesar itu dari wilayah perbatasan untuk melindungi Kim Jong Un dapat ditafsirkan oleh orang-orang sebagai negara yang sedang diserang, dan penyerbu bergerak menuju Pyongyang.

"Kementerian Keamanan Negara, Komando Keamanan Militer Tentara Rakyat Korea, dan Kementerian Keamanan Sosial mengeluarkan peringatan keras terhadap "Penjarahan, Kepemilikan Ilegal atau Pembuangan Senjata, Amunisi dan Peralatan Teknologi Tempur" sebagaimana diatur dalam pidana hukum Pasal 78," kata pejabat itu.

"Menurut undang-undang itu, seseorang yang secara tidak sah memiliki atau mentransfer senjata api, amunisi, atau senjata akan dihukum dengan reformasi melalui kerja paksa selama lebih dari tiga tahun," katanya.

Warga khawatir jika tidak ada penyelesaian maka pihak berwenang akan menghukum secara acak seseorang yang mungkin sama sekali tidak bersalah, kata pejabat tersebut.

"Beberapa warga mengatakan bahwa pihak berwenang meningkatkan suasana konfrontasi militer yang tajam antara Utara dan Selatan setiap hari, bahkan mengklaim bahwa Selatan memprovokasi perang," kata pejabat tersebut. 

Rudal balistik yang diluncurkan militer Korea Utara yang dirilis Kantor Berita Korea Utara (KCNA) di lokasi yang dirahasiakan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/KCNA.

"Karena kejadian ini terjadi pada saat ketegangan, warga mengamati dengan seksama bagaimana penyelidikan akan berakhir."

Pada hari Senin, Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek, kata militer Korea Selatan, yang terbaru dalam serangkaian uji senjata yang menurut Pyongyang sebagai tanggapan atas latihan pertahanan utama AS-Korea Selatan.

Kedua sekutu itu melakukan latihan pendaratan amfibi bersama pada hari Senin, beberapa hari setelah menyelesaikan Freedom Shield, latihan militer gabungan terbesar mereka dalam lima tahun.

Korea Utara memandang latihan semacam itu sebagai latihan untuk invasi, dan telah berulang kali memperingatkan akan mengambil tindakan 'luar biasa' sebagai tanggapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya