Biden Sebut Terpilihnya Sunak Sebagai PM Inggris "Tonggak Bersejarah"

Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP Photo/Manuel Balce Ceneta)
Sumber :
  • AP Photo/Manuel Balce Ceneta

VIVA Dunia – Presiden AS Joe Biden, pada Senin 24 Oktober 2022, menyebut penunjukan Rishi Sunak, yang diperkirakan menjadi perdana menteri Inggris berikutnya, dan orang kulit berwarna pertama yang memegang jabatan itu, sebagai "tonggak bersejarah".

Beri Kuliah Umum di Jepang, Anies Baswedan Berpesan Aktif Kawal Demokrasi Indonesia

Ketika berbicara di sebuah acara Gedung Putih untuk merayakan hari libur India Diwali, Biden mengatakan Sunak, yang juga keturunan India, diperkirakan diangkat menjadi perdana menteri, pada Selasa 25 Oktober 2022, setelah menemui Raja Charles. Sunak adalah seorang mantan bos pengelolaan dana investasi berusia 42 tahun yang multijutawan.

Dia memenangkan persaingan untuk memimpin Partai Konservatif pada Senin, dan akan menjadi pemimpin termuda negara itu di zaman modern --dan yang ketiga dalam waktu kurang dari dua bulan.

Biden Peringatkan Netanyahu untuk Tidak Perluas Konflik dengan Lebanon

Rishi Sunak (tengah) setelah menang di pemilihan suara Partai Konservatif Tory

Photo :
  • AP Photo/Aberto Pezzali

Keluarganya bermigrasi ke Inggris dari India pada 1960-an, periode ketika banyak orang dari bekas jajahan Inggris pindah ke negara itu untuk membantu membangun kembali negara itu setelah Perang Dunia Kedua.

Joe Biden Akan Fokus Beri Dukungan ke Ukraina Hingga Akhir Masa Jabatannya

"Kami mendapat kabar bahwa Rishi Sunak sekarang menjadi perdana menteri. Dia diperkirakan menjadi perdana menteri, saya pikir besok ketika dia pergi menemui Raja. Cukup mencengangkan. Sebuah tonggak bersejarah dan itu penting," kata Biden.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan Biden akan menelepon Sunak dalam beberapa hari mendatang. Ia juga menyebutkan bahwa sudah menjadi protokol bagi presiden AS untuk menunggu memberikan ucapan selamat sampai setelah perdana menteri Inggris yang baru bertemu dengan raja, dan secara resmi diminta membentuk sebuah pemerintahan baru.

Megawati Nampak Menangis Ketika Berziarah ke Makam Imam Bukhari

Tangis Megawati Soekarnoputri Pecah saat Berdoa di Makam Imam Bukhari

Presiden Ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri tidak kuasa menahan haru saat berziarah ke makam Imam Besar Al Bukhari di Desa Khartang, Samarkand, Uzbekistan. Mega juga berdoa.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024