Putin Selamat dari Percobaan Pembunuhan

Vladimir Putin saat hadiri Eastern Economic Forum in Vladivostok, Rusia
Sumber :
  • (Vladimir Smirnov/TASS News Agency Host Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan berhasil selamat dari peristiwa percobaan pembunuhan saat kendaraan yang dirinya tumpangi dilanda “ledakan keras”.

Putin Menyatakan Dukungan untuk Kamala Harris Setelah Biden Mengundurkan Diri, AS Mengkritik

Putin tidak mengalami luka-luka dalam insiden itu, namun sejumlah orang dilaporkan telah ditangkap terkait percobaan pembunuhan itu.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, bertemu Presiden China, Xi Jinping, di sela-sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Uzbekistan, Kamis 15 September 2022.

Photo :
  • TASS.
Tak Mau Tahu, Putin Perintahkan Pasukan Rusia Rebut Kembali Kursk dalam Sebulan

Seperti dilansir The Mirror dan Euro Weekly, menyebutkan informasi mengenai serangan yang melanda iring-iringan kendaraan yang membawa Putin, peritiwa itu juga dilaporkan oleh saluran Telegram SVR General yang dikenal anti-Kremlin.

Namun laporan itu belum bisa diklarifikasi secara independen. Belum ada pernyataan resmi dari Kremlin terkait laporan itu.

Pemerintah Rusia Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI Ke-79

Tidak disebutkan lebih lanjut kapan tepatnya insiden itu terjadi. Putin diketahui kini tengah berada di Uzbekistan untuk menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerja Sama Shanghai dengan China, India dan beberapa negara Asia Tengah lainnya.

Namun sejumlah media lokal negara menyebutkan bahwa insiden itu terjadi saat Putin dalam perjalanan kembali ke kediaman resminya di Moskow.

Dilaporkan medio lokal juga bahwa jumlah penangkapan telah dilakukan oleh dinas keamanan Rusia terkait insiden itu. Tapi, tidak dijelaskan lebih lanjut berapa orang yang ditangkap.

Menurut Telegram SVR General, sejumlah pengawal Putin menghilang di tengah laporan bahwa informasi rahasia tentang pergerakan Putin dibocorkan ke pihak lain. Insiden ini bukan yang pertama kali bagi Putin. Pada tahun 2017 lalu, Putin juga menuturkan bahwa dirinya berhasil selamat dari sedikitnya lima percobaan pembunuhan pembunuhan.

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • vox.com
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya