Rusia Tarik 10 Jet Tempurnya di Krimea Imbas Serangan Intens Ukraina

Ledakan di basis militer Rusia di Novofedorivka, Krimea berdampak ke resor wisata
Sumber :
  • UGC via AP

VIVA Dunia – Rusia menarik jet tempur dari Krimea setelah beberapa dugaan adanya serangan dari Ukraina, menurut laporan NATO. Perang antara Ukraina dan Rusia kini telah melewati enam bulan tanpa akhir yang jelas terlihat.

Ancam Prancis, Rudal Nuklir Rusia Mampu Hancurkan Kotanya dalam 3 Menit

Namun, menurut laporan Business Insider Jerman yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Rusia telah memindahkan 10 jet tempurnya dari Krimea untuk kembali ke Rusia. Business Insider Jerman telah melihat laporan rahasia NATO yang merinci situasinya.

Krimea, yang diakui oleh sebagian besar wilayahnya sebagai bagian dari Ukraina tetapi telah diduduki oleh Rusia sejak 2014, telah mengalami serangan dalam beberapa pekan terakhir.

Gagal Kabur, Komandan Brigade Tempur Ukraina Diringkus Pasukan Rusia

Foto satelit pangkalan udara milik Rusia di Krimea yang meledak

Photo :
  • Planet Labs PBC via AP

Melansir dari Newsweek, Senin, 29 Agustus 2022, Ukraina telah mengisyaratkan bahwa serangan-serangan ini akan berlanjut tanpa mengklaim adanya tanggung jawab dari serangan tersebut. Serangan tersebut telah melibatkan senjata jarak jauh dan drone yang menargetkan pangkalan udara, pusat transportasi, depot logistik, dan pusat komando.

Tentara Bayaran Ukraina Bantai Warga Sipil Rusia Seperti Kecoak

Serangan-serangan itu telah menyebabkan kepanikan di antara orang-orang Rusia di Krimea dan meningkatkan kepercayaan diri Ukraina.

Pada 9 Agustus 2022, pangkalan udara Saky di pantai barat Krimea diguncang oleh setidaknya 12 ledakan, dan beberapa direkam oleh turis Rusia terdekat di sebuah resor pantai.  Setelah serangan itu, citra satelit menunjukkan kehancuran yang luas di seluruh pangkalan udara.

Menurut dokumen NATO, Rusia kemungkinan besar akan membubarkan angkatan udaranya di Krimea untuk mencegah serangan lebih lanjut oleh Ukraina. Laporan tersebut menambahkan bahwa 10 jet Moskow telah dipindahkan ke Rusia termasuk enam jet tempur SU-35S dan empat pencegat MiG-31BM.

Diperkirakan 32 jet tempur Rusia tetap ditempatkan di sana, sebagian besar adalah pesawat tempur SU-27.

PM Inggris, Boris Johnson, bersama Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Photo :
  • Ukrainian Presidential Press Office via AP.

Awal pekan ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, berjanji untuk merebut kembali Krimea dari pasukan Rusia. Dia juga mengatakan bahwa perang akan berakhir dengan Krimea, saat dia membuat pidato optimis tentang perang yang sedang berlangsung.

Zelensky berbicara pada iterasi kedua Platform Krimea pada hari Selasa, 23 Agustus 2022, sebuah pertemuan online dari 60 negara dan organisasi internasional. "Ukraina cukup kuat dan cukup kuat untuk melihat perspektif Krimea Ukraina," kata Zelensky.

"Kami akan membawa kebebasan bagi warga Ukraina di Krimea, dan kami akan memulihkan keadilan bagi semua orang yang menderita akibat penindasan dan pelanggaran penjajah Rusia."

Kami perlu memenangkan perang melawan agresi Rusia. Oleh karena itu, kami perlu membebaskan Krimea dari pendudukan Rusia, kata Zelensky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya