Miniso Minta Maaf karena Pura-pura Merek Jepang ternyata China

Belanja di Miniso
Sumber :
  • dok.ist

VIVA Dunia – Toko dan merek Miniso belakangan cukup populer. Toko ini menjual berbagai jenis peralatan rumah tangga, aksesoris, peralatan dapur, hingga produk kecantikan.

Grace Tahir Kritik Ide Gila Pemimpin Partai Jepang, Perempuan Tak Boleh Sekolah hingga Dipaksa Aborsi

Dengan logo yang diselipkan huruf katakana Jepang yang diucapkan sebagai "Meisou" sehingga banyak yang mengira bahwa produk ini adalah buatan Jepang.

Namun baru-baru ini terungkap bahwa Miniso bukanlah merek yang berasal dari Jepang. Peritel diskon yang telah mengambil alih dunia hingga memiliki 5.100 toko yang tersebar dari Korea Utara hingga Broadway Avenue di New York itu kemudian meminta maaf karena sudah mengklaim dirinya sebagai mereka Jepang.

5 Siswa SMP asal Bogor Raih Juara Pertama Kompetisi AI Robotik Internasional di China

Dalam sebuah pernyataan di platform media sosial China Weibo, Miniso mengatakan sangat malu karena telah mempromosikan dirinya sebagai merek desainer Jepang pada tahap awal pengembangannya.

Perusahaan yang berbasis di Kota Guangdong di China selatan itu mengatakan telah mulai penghapusan sejak 2019 dan akan menghapus elemen apa pun yang membuat referensi ke Jepang dari materi pemasaran dan etalasenya pada Maret tahun depan.

China Bangun Harbin Ice-Snow World, Taman Hiburan Es dan Salju Terbesar Dunia

Manajemennya berjanji untuk meminta pertanggungjawaban staf senior atas kesalahan fatal itu. Miniso juga berjanji untuk mengekspor budaya dan nilai-nilai Tiongkok dengan benar.

Pernyataan itu muncul setelah perusahaan tersebut menyebabkan reaksi domestik awal bulan ini karena Miniso Spanyol secara keliru menggambarkan Putri Disney yang mengenakan cheongsam China dalam koleksi mainan baru-baru ini sebagai geisha Jepang

Perusahaan China itu kemudian juga mengeluarkan permintaan maaf dan menuntut agennya di Spanyol untuk menghentikan agensi yang menjalankan akun media sosialnya. 

"Kami mengagumi peradaban sejarah yang panjang dan pencapaian budaya China yang luar biasa,” tulis Miniso Spanyol dalam sebuah unggahan Instagram, dikutip dari Vice World News, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Meskipun Miniso membuka toko pertamanya di Guangzhou pada tahun 2013 dan sebagian besar produknya diproduksi di China, perusahaan tersebut berulang kali menegaskan bahwa labelnya adalah merek Jepang dalam beberapa tahun pertama beroperasi.

Mereka juga menyebut kehadiran desainer Jepang Miyake Junya sebagai salah satu pendiri Miniso.

"Lucu bagaimana kemitraan strategis dan kinerja tinggi Miniso di China telah membayangi bisnis di Jepang,” kata Junya pada tahun 2016 ketika perusahaan mengoperasikan lebih dari 1.000 outlet di China, tetapi hanya empat di Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya