Nancy Pelosi: Xi Jinping Merasa Insecure Tak Bisa Mengubah Agenda Saya

Menlu Taiwan Joseph Wu saat menyambut kehadiran Ketua DPR AS Nancy Pelosi
Sumber :
  • Taiwan Ministry of Foreign Affairs via AP

VIVA Dunia – Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengatakan anggota Kongres AS tidak akan terintimidasi oleh reaksi China terhadap kunjungannya ke Taiwan pada pekan lalu tersebut.

Siap-siap, Mobil Mewah BYD Meluncur Minggu Depan

Nancy Pelosi juga mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping sudah bertindak seperti pengganggu yang sedang merasa ketakutan.

"Hanya karena Xi merasa tak aman bukan berarti bahwa saya harus mengubah agenda saya sebagai anggota Kongres bukan," kata Pelosi pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Perang China, Amerika Siagakan Pasukan Elite Pembunuh Osama bin Laden

Menlu Taiwan Joseph Wu saat menyambut kehadiran Ketua DPR AS Nancy Pelosi

Photo :
  • Taiwan Ministry of Foreign Affairs via AP

Dalam penampilan terpisah di program acara Morning Joe, Pelosi mengatakan China tidak dapat mengontrol jadwal anggota Kongres AS dan mereka tidak akan menjadi kaki tangan isolasi China terhadap Taiwan.

Pelatih China Remehkan Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang dan Libas Arab Saudi

"Saya pikir dia sedang rapuh," kata Pelosi mengacu pada ekonomi China, dikutip dari NDTV, Rabu, 10 Agustus 2022.

Perhentian Pelosi di Taiwan pekan lalu saat berada di kawasan Asia-Pasifik mendapat tanggapan keras dari China. Sejurus, China lalu melakukan latihan militer besar-besaran yang dirancang untuk menunjukkan kemampuannya sangat mampu mengepung pulau itu dan meluncurkan rudal yang kemungkinan terbang di atas Taipei dan ke perairan yang diklaim Jepang sebagai negara ekonomi eksklusif daerahnya.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi memberi salam pada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Photo :
  • Taiwan Presidential Office via AP

Ketya DPR AS itu juga mengatakan perjalanannya dimaksudkan untuk memperkuat fokus Presiden AS Joe Biden di kawasan itu. Namun sebenarnya Gedung Putih telah berulang kali mengatakan keputusan untuk berkunjung dan melakukan perjalanan adalah murni keputusan dari ketua DPR saja.

Chongqing Tiongkok

Bursa Asia Bervariasi usai China Rilis Data Ekonomi Tidak Sesuai Ekspektasi

Bursa Asia bergerak beragam saat pembukaan pasar pada Senin (16/9/2024) pagi. Investor kecewa terhadap serangkaian data ekonomi yang dirili China pada akhir pekan lalu.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024