7 Kota Paling Besar di Arab Saudi yang Patut Dikunjungi

Kota Riyadh, Arab Saudi
Sumber :
  • Pexels

VIVA Dunia – Kota-kota paling besar di Arab Saudi juga juga merupakan kota paling padat penduduknya. Arab Saudi adalah rumah bagi warisan sejarah, budaya, dan warisan yang kaya. Arab Saudi adalah negara terbesar kedua di semenanjung Arab. Hal ini terus berkembang dalam teknologi, transportasi, dan infrastruktur. Selama beberapa dekade, negara ini membangun kota-kota modern dengan gedung pencakar langit dan atraksi yang menakjubkan, menjadikannya salah satu tujuan wisata teratas di dunia. Di bawah ini merupakan tujuh kota paling besar di Arab Saudi dilansir dari Zamzam.com.

Jual Bayinya Seharga Rp 15 Juta, Seorang Ayah di Tangerang Ditangkap Polisi

1. Riyadh – Ibu kota Arab Saudi

Kota Riyadh, Arab Saudi

Photo :
  • Pexels
Menyelami Jejak Peradaban Islam: Mulai dari Masjid Al-Aqsa, Yordania Hingga Laut Mati

Menampilkan pemandangan yang menakjubkan, Riyadh mendapatkan namanya dari kata Arab 'rawdah', yang mengacu pada padang rumput atau taman hijau. Ini adalah ibu kota Arab Saudi, dan karena itu, adalah pusat administrasi dan politik kerajaan. Ini terkenal dengan landmark arsitektur kontemporer, perayaan Jenadriyah, Noor Riyadh, dan Pameran Buku Internasional Riyadh. Berada di urutan teratas daftar kota paling besar di Arab Saudi, Riyadh juga mengantongi predikat sebagai ibukota budaya Arab pada tahun 2000 oleh UNESCO.

2. Mekah – Kota tersuci dalam Islam

Pasar Terbesar di Jeddah Kebakaran, 20 Mobil Pemadam Dikerahkan

Mekah, Kabah

Photo :
  • Pixabay/ Odien

Mekah adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ini rumah Masjid Agung Mekah, juga disebut Masjid Al-Haram. Lanskap kota meningkat secara dramatis pada abad ke-20 dan ke-21. Ekonominya sangat bergantung pada haji dan umrah. Terdaftar di antara 5 kota teratas di Arab Saudi, Mekah terkenal dengan warisan budayanya. Ini memiliki rantai makanan cepat saji lokal yang cukup terkenal di kalangan peziarah. Kota Mekah menjadi salah satu kota paling besar di Arab Saudi.

3. Madinah – Kota tersuci kedua dalam Islam

Masjid Nabawi di Kota Madinah Arab Saudi

Photo :
  • SPA

Madinah adalah salah satu kota paling besar di Arab Saudi dan memiliki konektivitas dengan seluruh negara melalui jalan raya, saluran udara, dan kereta api. Ini adalah rumah bagi beberapa situs keagamaan paling penting bagi umat Islam dan merupakan bagian dari sebagian besar wisata ziarah. Makanan dan budaya lokal sangat menyenangkan untuk dijelajahi bagi mereka yang terpesona oleh budaya Arab. Itu terletak 625m di atas permukaan laut dan terdiri dari lanskap yang menakjubkan. Tempat keagamaan & bersejarah di Madinah: Al-Masjid An-Nabawi, Masjid al-Qiblatayn, Masjid Quba, Gunung Uhud, Wadi e Jinn, Jannat-al-Baqi, Gurun Saleh, Al Noor Mall

4. Jeddah – Kota pelabuhan modern

Jeddah Tower Arab Saudi

Photo :
  • art-facts.com

Jeddah memiliki pelabuhan tersibuk kedua dan terbesar kedua di Timur Tengah, menempatkannya di antara kota-kota paling besar di Arab Saudi. Ini adalah kota terbesar di provinsi Mekah dan merupakan pintu gerbang utama bagi para peziarah untuk memulai perjalanan suci mereka. Ini terkenal dengan makanan laut dan memiliki lebih dari 13.000 masjid. Kota Jeddah juga merupakan rumah bagi beberapa tempat bersejarah paling penting dan tempat wisata populer di Arab Saudi. Penggemar petualangan dapat menjelajahi terumbu karang atau menikmati olahraga air. Kamu dapat mengunjungi tempat-tempat menarik di Jeddah, seperti Jeddah Corniche, Taman Hiburan Al-Shallal, Museum Kota Jeddah, Bab Shareef, dan Menara King Road.

5. Taif – Tempat liburan musim panas yang ideal

Jabal Dakka, Kota Taif, Arab Saudi

Photo :
  • Welcome Saudi

Terletak di Provinsi Mekah, Taif terletak di ketinggian 1.879 m di Pegunungan Hijaz. Kota ini juga menemukan referensi tidak secara langsung dalam Alquran. Diyakini bahwa Nabi Muhammad (SAW) mengunjungi kota ini pada abad ke-7. Taif terkenal dengan parfum dan produk pertanian. Kota ini juga populer dengan landmark bersejarah dan museumnya. Kota Taif juga termasuk kota paling besar Arab Saudi.

6. Al-Kharj – Kota bersejarah yang indah

Al-kharj Water Tower, Kota Al Kharj, Arab Saudi

Photo :
  • lifeinsaudiarabia

Di antara kota-kota paling besar di Arab Saudi, Kharj adalah salah satu kegubernuran Saudi di sebelah tenggara Riyadh. Ini memiliki banyak lembah yang mengalir ke dalamnya dan memberikan lingkungan yang menakjubkan. Al-Kharj terkenal dengan keberadaan Ayun AlSeih, yang berarti mata. Ini memiliki lubang di dalam bumi yang berbentuk mata. Al-Kharj adalah salah satu daerah terbaik di Arab Saudi untuk melakukan kegiatan pertanian. Ini menampilkan beberapa peternakan, unggas, dan perusahaan susu terbesar kerajaan.Kamu bisa menjungi beberapa tempat ini jika berada di kota Al-Kharj, yaitu Jaw Mall, Kebun Binatang Al Kharj Park, Menara Air Al-kharj, King Salman Walkaway, Al-Baijan, Taman Hiburan. 

7. Dhahran – Liburan keluarga yang menyenangkan

Kota Dhahran, Arab Saudi

Photo :
  • ArchDaily

Dengan populasi 240.742, Dhahran adalah salah satu kota paling besar di Arab Saudi. Ini adalah pusat utama industri minyak di kerajaan. Ini telah menjadi markas besar Saudi Aramco selama lebih dari 80 tahun. Dhahran terhubung dengan baik ke seluruh kerajaan melalui kereta api, saluran udara, dan jalan raya, sehingga memudahkan wisatawan untuk bepergian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya