5 Potret Salat Tarawih di Dunia, Terbaru Times Square New York

Tarawih di Times Square New York
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Selain melaksanakan puasa, salat tarawih salah satu yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan tersebut. Selain amalan yang sangat luar biasa, sholat tarawih juga hanya dapat dilaksanakan di bulan Ramadhan saja. Lantaran momen ini hanya datang satu tahun sekali, maka umat Islam sangat antusias untuk melaksanakan sholat tarawih. Ramadhan tahun ini masih di dalam suasana pandemi Covid-19. 

Ditanya Soal Kunci Berat Badan Ideal, Michelle Ziudith Jawab Puasa dan Salat

Akan tetapi, berbeda dengan dua tahun yang lalu, tahun ini pemerintah telah memperbolehkan untuk melaksanakan sholat tarawih di masjid maupun mushola. Akan tetapi, masyarakat wajib hukumnya untuk tetap melaksanakan anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang dilaksanakan seperti cuci tangan sebelum masuk masjid, melakukan pengecekan suhu, memakai masker, dan menjaga jarak. 

Tarawih di masa pandemi juga mewajibkan semua orang untuk tetap menjaga jarak. Seperti yang dilakukan beberapa negara dan berbagai daerah di Indonesia. Penerapan sholat tarawih dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjaga jarak setiap shafnya. Nah, berikut adalah ulasan mengenai potret sholat tarawih di berbagai wilayah di dunia saat masa pandemi yang disadur dari berbagai sumber. 

Pesan Hamzah Haz kepada Anak Cucunya: Apapun Jabatannya Jangan Tinggalkan Salat

1. Sholat Tarawih di Masjidil Haram

Masjidil Haram

Photo :
  • Tangkapan Layar
Jadi Mualaf, Marcell Darwin Ceritakan Pengalaman Lucu Saat Pertama Kali Salat Berjamaah

Pelaksanaan sholat tarawih hari pertama Ramadan 2022 di Masjidil Haram dipenuhi dengan jamaah, baik warga lokal maupun jamaah yang sedang melaksanakan umroh. Sholat tarawih pertama ini dilaksanakan pada Jumat 1 April 2022 malam, usai pemerintah setempat menetapkan 1 Ramadhan 2022 pada Sabtu 2 April 2022. 

2. Sholat Tarawih di Times Square New York

Tarawih di Times Square New York

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sholat tarawih di Times Square New York ini terjadi pertama kali dalam sejarah yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 April 2022. Bukan hanya melaksanakan sholat tarawih berjamaah, tapi para umat Islam ini juga memperoleh makanan untuk berbuka secara gratis. Sholat tarawih ini dilaksanakan di trotoar jalanan Times Square. 

3. Sholat Tarawih di Masjid Nabawi

Jemaah umrah yang buka puasa dan sahur di Masjid Nabawi di Madinah

Photo :
  • ANTARA

Sejak hari Sabtu, 2 April 2022 seluruh umat Islam di Arab Saudi mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1443 H sesuai dengan ketetapan pemerintah Arab Saudi. Masjid Nabawi yang berada di Madinah ini tampak dipenuhi dengan jemahaan yang berbuka puasa dan melaksanakan sholat tarawih. 

4. Sholat Tarawih di Mesir

Masjid Al Azhar, Kairo, Mesir.

Photo :
  • Daily Sabah

Sholat tarawih pertama dilaksanakan di Masjid Al Azhar, Kairo, Mesir, pada Jumat, 1 April 2022. Sholat tersebut menandakan bahwa sudah datang waktu berpuasa esok hari. Seluruh umat muslim yang berasal dari berbagai negara yang sedang melaksanakan pendidikan di Mesir mengikuti tarawih tersebut. 

5. Sholat Tarawih di Hagia Sophia, Turki

Hagia Sophia

Photo :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia

Sejak 88 tahun yang lalu, akhirnya Masjid Agung Hagia Sophia yang berada di Istanbul, Turki melaksanakan sholat tarawih pertamanya pada Jumat, 1 April 2022 malam. Untuk diketahui bahwa Hagia Sophia mempunyai sejarah panjang sejak dibangun pada abad ke-6, serta pernah melewati beberapa renovasi serta perluasan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya