Logo BBC

Fakta-fakta Agen Rahasia Israel Menyabotase Fasilitas Nuklir Iran

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Lokasi pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh, 27 November 2020. Dinas rahasia Israel, Mossad, dituding sebagai otak pembunuhan.


Pada November 2020, sebuah iring-iringan kendaraan membawa Mohsen Fakhrizadeh, ilmuwan nuklir Iran paling terkemuka, mendapat serangan hebat. Ia tewas akibat senapan mesin dengan kecerdasan buatan yang dikendalikan dari jarak jauh.

Senapan itu menembakkan peluru dengan cara menganalisa target yang bergerak dan dituju, tanpa ada korban sipil lainnya. Serangan tersebut disinyalir adalah operasi intelijen secara waktu nyata (real-time) di lapangan.

Setelah pembunuhan itu, menteri intelijen Iran, Mahmoud Alavi, mengklaim bahwa dua bulan sebelumnya dia sudah memperingatkan pasukan keamanan, bahwa akan ada pembunuhan yang menargetkan Fakhrizadeh tepat di lokasi di mana ia dibunuh.

Alavi mengatakan orang yang merencanakan pembunuhan tersebut merupakan "anggota angkatan bersenjata. Kita tak bisa melakukan operasi intelijen terhadap angkatan bersenjata".

Tapi dia secara tidak langsung menyampaikan bahwa tersangka itu adalah anggota Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), unit paling khusus militer Iran. Jika demikian, agen tersebut harus cukup tinggi pangkatnya di IRGC untuk dapat mengabaikan peringatan, dan melaksanakan rencana pembunuhan pada waktu dan lokasi yang ditentukan.

Mohsen Fakhrizadeh juga diketahui sebagai anggota dari IRGC.