8 Fakta Menarik Tentang Kota Istanbul, Bukan Ibu Kota Turki?

Istanbul
Sumber :
  • Instagram/@instanbul

VIVA – Istanbul dikenal sebagai salah satu kota di dunia yang terkenal dengan sejarahnya dan letaknya yang unik antara Timur dan Barat, baik secara geografis dan budaya. Kota ini juga sudah menjadi rumah untuk berbagai peradaban lantaran memiliki ciri-ciri Kristen, Muslim, Yahudi, Yunani kuno, Romawi, Turki, dan Arab. Menjadi salah satu kota terbesar di dunia, Istanbul menyimpan berbagai hal yang unik, berikut adalah ulasan mengenai kota Istanbul, Turki yang disadur dari Discoverwalks.

Heboh, 12 Kucing Mendadak Mati di Kota Malang

1. Satu-satunya Kota yang Didirikan di Dua Benua

Topkapi Palace Museum, Istanbul, Turki.

Photo :
  • Topkapi Palace Museum / TRTWorld
Trump dalam Debat Capres AS: Imigran Makan Anjing dan Kucing Penduduk

Mungkin fakta menyenangkan yang paling menarik tentang Istanbul adalah bahwa satu-satunya kota di dunia yang dibangun di dua benua yang berbeda. Istanbul berdiri baik di Eropa dan Asia. Kedua benua ini dipisahkan oleh jalur air yang disebut “Bosporus”. Bosporus membagi kota menjadi dua bagian sekaligus menghubungkan Laut Hitam di utara dan Laut Marmara di selatan.

Menurut ahli geologi, Bosporus adalah sungai yang sudah ada sejak 20.000 SM. Saat zaman es berakhir, permukaan laut meningkat, air di Laut Hitam mengalir menuju Laut Marmara dan Bosporus mengambil bentuknya yang sekarang. Adapun hari ini, 2/3 dari populasi tinggal di sisi Eropa sementara 1/3 tinggal di sisi Asia. Kedua benua ini terhubung dengan 3 jembatan besar dan 2 terowongan bawah laut.

Turki Berhasil Kurangi Angka Pengangguran 8,8 Persen

2. Salah Satu Kota Tertua di Dunia

Istanbul

Photo :
  • Instagram/@instanbul

Fakta menyenangkan lainnya tentang Istanbul adalah bahwa Istanbul telah menjadi tempat lahir banyak peradaban yang berbeda dan dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia. Menurut sejarawan, pemukiman manusia pertama dibangun pada 3.000 SM. Dasar-dasar Istanbul diletakkan oleh Megarians di 667 SM.

Sejak 196 SM, Kekaisaran Romawi merebut kota itu dan memerintahnya sampai tahun 395 M. Antara tahun 395 dan 1453, Istanbul pernah menjadi ibu kota Kekaisaran Bizantium. Pada tahun 1453, Kekaisaran Ottoman mengambil alih kota dan memerintahnya sampai runtuh pada tahun 1922. Mulai tahun 1923, Istanbul telah menjadi bagian dari Republik Turki.

3. Sebuah Kota Metropolis Besar

Pengunjung mengambil foto Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki.

Photo :
  • Daily Sabah

Istanbul adalah salah satu kota terbesar dan terpadat di dunia. Ini bukan sesuatu yang baru, tentu saja. Menurut catatan sejarah, Istanbul pernah menjadi kota terpadat di dunia antara awal abad ke-17 dan awal abad ke-18. Dalam kurun waktu 100 tahun itu, Istanbul merupakan kota terpadat di dunia dengan sekitar 700.000 penduduk.

Saat ini, Istanbul memiliki populasi 15,1 juta. Ini adalah fakta menarik bahwa untuk hari ini, Istanbul adalah tempat yang lebih padat daripada negara-negara seperti Belgia, Portugal, Republik Ceko, Yunani, Swedia, Hongaria, Austria, Serbia, Swiss, Denmark, Finlandia, Norwegia dan Kroasia. Menurut evaluasi terbaru, Istanbul adalah kota terpadat ke-13 di dunia.

4. Kota Terbesar Tapi Bukan Ibu Kota

Pihak keamanan Turki berjaga-jaga saat terjadi bom di Istanbul.

Photo :
  • Huriyet

Berlawanan dengan kepercayaan populer, Istanbul bukanlah ibu kota Turki. Istanbul pernah menjadi ibu kota kerajaan, seperti Kekaisaran Byzantium dan Kekaisaran Ottoman. Namun pada hari-hari pertama Perang Kemerdekaan Turki tahun 1920, ibu kota dipilih sebagai Ankara. Keputusan ini dibuat karena alasan strategis karena Ankara berada di Anatolia Tengah.

Maka dari itu jauh dari intervensi tentara pendudukan. Sejak Republik Turki didirikan pada tahun 1923, Ankara secara resmi dinyatakan sebagai ibu kota Turki. Adalah fakta yang menyenangkan bahwa bahkan hari ini, banyak orang menganggap Istanbul sebagai ibu kota Turki.

5. Kota Masjid

Hagia Sophia

Photo :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia

Menurut statistik Direktorat Urusan Agama di Turki, ada 3.269 masjid di Istanbul. Hal ini menjadikan Istanbul kota nomor satu di Turki dan salah satu kota terkemuka di dunia jika dilihat dari jumlah masjidnya. Beberapa dari masjid ini adalah sisa dari Kekaisaran Ottoman, seperti Masjid Sultanahmet, Masjid Sulaymaniyah, Masjid Ortaköy dan Hagia Sophia.

6. Kucing Adalah Rajanya

Kucing Gli penunggu Hagia Sophia meninggal.

Photo :
  • U-Report

Istanbul dianggap sebagai salah satu kota pecinta kucing di dunia, mungkin yang pertama. Kucing liar Istanbul terkenal di dunia, berkat kepedulian penduduk setempat. Jumlah kucing liar diperkirakan sekitar 125.000, menurut statistik yang disiapkan pada tahun 2017. Di Istanbul, kucing liar diberi makan dengan baik dan dirawat dengan sempurna oleh penduduknya.

7. Pusat Pariwisata Utama

Cappadocia, Turki

Photo :
  • Pixabay/Trudi90

Berkat sejarahnya yang kaya dan kombinasi menarik dari berbagai elemen budaya, Istanbul menarik jutaan turis setiap tahun. Menurut catatan resmi, pada 2019, sekitar 14 juta orang mengunjungi Istanbul, menjadikannya titik atraksi terpanas di Turki.

Dengan popularitasnya di kalangan wisatawan, Istanbul menjadi kota ke-10 yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2019 dengan melampaui kota-kota seperti Roma, Phuket, Tokyo, Pattaya, Praha, Seoul, Amsterdam, Miami, Los Angeles, Barcelona, ??Las Vegas, dan Milano.

8. Istanbul Adalah Kekuatan Ekonomi Raksasa

Travel Istanbul

Photo :
  • facebook.com/GoTurkey

Istanbul bukan hanya tempat wisata yang terkenal tetapi juga kekuatan ekonomi yang sangat besar di dunia. Istanbul menghasilkan 31% dari total PDB Turki dengan jumlah 195 miliar USD pada tahun 2019. Menurut statistik, pada tahun ini, Istanbul menghasilkan PDB yang lebih besar daripada negara-negara seperti Slovakia, Luksemburg, Puerto Rico, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya