Logo BBC

Fenomena Obsesi 'Cinta Buta' Penggemar K-pop di China

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

 

Penggemar merekam aksi boy band Modern Brothers di Dandong, China.
Getty Images
Penggemar merekam aksi boy band Modern Brothers di Dandong, China.

 

Ketika bintang pop keturunan China dan Kanada, Kris Wu, ditahan atas dugaan pemerkosaan bulan lalu, sejumlah penggemarnya langsung berkomplot secara online - dengan rencana membantunya kabur dari penjara.

"Gadis-gadis, ada kekuatan dalam jumlah, ayo terbang ke Beijing dan selamatkan dia," salah satu dari mereka mengunggah statusnya di platform microblogging Weibo.

Yang lain berkata mereka telah menyiapkan sekop untuk menggali terowongan, dan tang untuk memotong kawat berduri.

Tak lama, diskusi dengan topik semacam itu - demikian halnya akun-akun yang mendiskusikannya - hilang dari dunia maya.

Seiring dengan penggemar bintang pop di China yang kian obsesif semakin sering menjadi tajuk utama, pihak berwenang menegaskan perilaku semacam itu tidak akan ditoleransi.

"Sengkarut dalam klub penggemar selebriti, yang diperlihatkan oleh `insiden Kris Wu`, memperlihatkan budaya penggemar yang buruk telah mencapai momen kritis sehingga harus dikoreksi," tulis badan disiplin tinggi negara itu dalam sebuah unggahan, seraya menambahkan bahwa ribuan komentar "beracun" dan grup penggemar telah dihapus.

Dua pekan lalu, pengawas internet China menyebut mereka akan menghentikan penyebaran informasi "berbahaya" yang beredar dalam klub penggemar, termasuk gosip dan pelecehan verbal.

Platform apa pun yang tidak berfungsi untuk menghapus konten tersebut dengan cepat, juga akan dikenakan sanksi.

"Perlu ada batasan kegandrungan yang tidak rasional terhadap artis," katanya.

 

Kris Wu
Getty Images
Pengemar Kris Wu - yang ditangkap atas dugaan pemerkosaan - berencana membantunya kabur dari penjara.

 

Selama berbulan-bulan, Beijing meningkatkan upaya untuk mengendalikan apa yang disebut sebagai budaya penggemar yang "kacau" - sebuah langkah yang disambut baik bahkan di antara beberapa penggemar selebriti.

Seorang pengguna Weibo yang secara teratur mengunggah pembaruan tentang berita hiburan, mengatakan: "Penggemar gila benar-benar memberi kita semua nama buruk. Bahkan saya merasa kesal ketika melihat sekelompok besar penggemar memadati bandara untuk melihat idola mereka."

Banyak anggota dari kelompok ini tak hanya bersorak kegirangan ketika melihat bintang favorit mereka.

Dalam banyak kasus, perilaku mereka berubah menjadi merugikan orang lain.

Mulai dari penguntitan hingga perundungan secara daring, hingga menyebarkan desas-desus, klub penggemar yang terorganisir ini semakin ekstrem menunjukkan "cinta" mereka.

Tahun lalu, sebuah fans klub aktor populer Xiao Zhan menutup seluruh situs cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan karakter idola (fanfiction), karena sebuah karya yang menggambarkan Xiao sebagai seorang remaja - yang gemar mengenakan pakaian lawan jenisnya atau crossdressing - yang jatuh cinta dengan idola pria lain.

Khawatir karya itu akan "menodai" citra sang idola, mereka melaporankannya kepada pihak berwenang sebagai "pornografi di bawah umur" - yang segera berakibat pada penghapusan situs tersebut.

Namun aksi ini, pada gilirannya, membuat marah pembaca setia situs tersebut, dan pasukan "anti-penggemar" lahir, ketika mereka mulai berkampanye agar orang-orang memboikot sejumlah merek yang menjadikan Xiao sebagai dutanya.

Kedua belah pihak kemudian terlibat dalam perang di dunia maya - dengan foto-foto, bahkan alamat orang-orang yang terlibat, disebar di internet.

 

Fans chartered cars for parades and bought huge bouquets of flowers to celebrate their idol`s success.
Getty Images
Fans China terkadang menghabiskan banyak uang untuk hal-hal besar untuk idola mereka - seperti mendekorasi bus ini

 

Dan bukan hanya itu.

Fans juga secara teratur membuat berita karena menghabiskan banyak uang untuk idola mereka - dengan beberapa pelajar dilaporkan merelakan berhutang demi menunjukkan rasa cintanya pada sang idola.

Pada hari Minggu lalu, Weibo menangguhkan klub penggemar penyanyi Jimin - anggota boyband K-pop BTS - atas klaim bahwa mereka telah mengumpulkan dana secara ilegal.

Akun fans klub yang memiliki lebih dari 1,1 juta pengikut ini, memecahkan rekor pengumpulan dana secara daring senilai 1 juta yuan, atau setara Rp2,2 miliar dalam tiga menit.

Uang digunakan untuk mempercantik bagian luar pesawat untuk perayaan ulang tahun Jimin yang ke-26.

Semuanya, mulai dari tiket pesawat hingga cangkir yang digunakan di pesawat, juga dipercantik dengan tulisan "Selamat Hari Jimin", menurut laporan.

Itu di luar rencana menerbitkan iklan satu halaman penuh di New York Times dan The Times di Inggris untuk menandai hari ulang tahunnya.

Pada bulan Mei, penggemar berat acara realitas TV Youth With You membuat marah publik atas kontroversi yang melibatkan limbah makanan.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran acara itu - yang mengadu penampilan satu penyanyi yang dilatih dengan yang lain - penggemar dapat memberikan lebih banyak suara untuk idola pria favorit mereka dengan memindai kode QR di dalam tutup botol susu.

Hal itu menyebabkan orang membeli susu dalam jumlah besar tanpa niat untuk meminumnya, dan segera muncul cuplikan video dari penggemar yang menuangkan susu dalam jumlah besar ke saluran pembuangan setelah memberikan suara kepada penyanyi idola mereka.

 

Fans China = pekerja data

 

Meskipun budaya penggemar yang obsesif tidak hanya terjadi di China, para ahli mengatakan bahwa skalanya lebih besar di sana berkat populasi internet yang sangat besar dan sangat aktif.

"Berpartisipasi dalam budaya fandom China bukan lagi sekadar hobi, tetapi sebuah bentuk kerja data," kata Dr Bai Meijiadai dari Universitas Liaoning.

 

Passengers look at their smartphones as they wait for a subway train at a subway station on April 27, 2021 in Hangzhou
Getty Images
Populasi internet China sangat aktif dan melek ponsel.

 

Mulai dari daftar peringkat selebriti berdasarkan jumlah pengikut dan keterlibatan di dunia maya, hingga kontes menyanyi di TV yang memungkinkan publik untuk memberikan suara, penggemar telah menjadi peserta aktif dalam memberi makan mesin penyembahan idola yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada tahun 2018, Kris Wu menjadi berita utama di AS ketika ia menyapu tangga lagu iTunes - tidak hanya menempati posisi No. 1, tetapi juga tujuh dari 10 lagu teratas.

Untuk seorang penyanyi yang hampir tidak dikenal di Amerika Utara, itu merupakan pencapaian yang cukup besar.

Sementara para kritikus beranggapan pencapaian itu sebagai karya bot, penyelidikan menemukan bahwa itu sebenarnya didorong oleh penggemarnya, yang bahu-membahu membeli albumnya untuk mendongkrak penjualan.

Tetapi justru jenis kampanye terorganisir inilah yang membuat pihak berwenang China khawatir, kata para ahli.

"Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa klub penggemar dapat memobilisasi, baik secara langsung atau daring, untuk menggelar demonstrasi membela bintang favorit mereka," kata analis media BBC China, Kerry Allen.

Tetapi tampaknya ada aspek moral dari tindakan keras ini.

Aktris Zheng Shuang, misalnya, memicu kemarahan setelah dituduh telah menelantarkan dua anak yang lahir dari ibu pengganti di luar negeri, sebelum tersiar kabar bahwa dia berupaya menghindar dari pajak.

Sejak saat itu, ia diabaikan di dunia maya.

"Jika selebriti diharapkan menjadi panutan, maka wajar jika kelompok penggemar online juga perlu diatur untuk mempromosikan budaya internet yang sehat secara keseluruhan," kata Dr Jian Xu dari Universitas Deakin, yang meneliti budaya media China.

"Ini adalah upaya untuk melindungi kaum muda dari dampak negatif."

 

Penghujung jalan?

 

Seiring dengan Beijing kian menekan budaya penggemar, beberapa grup penggemar online mungkin merasa tersesat - dunia mereka tampaknya telah berubah dalam semalam.

Semua platform media sosial utama telah menanggapi seruan pemerintah, dengan menghapus daftar peringkat selebriti dan menutup akun penggemar tertentu.

Acara kompetisi idola di TV, yang kebanyakan mengandalkan partisipasi penggemar, juga dilarang pekan ini.

"Tindakan keras itu mungkin membuat fandom `membosankan` bagi sebagian individu yang semuanya bersemangat menempatkan idola mereka di daftar teratas," kata Allison Malmsten, analis pasar China dari Daxue Consulting.

Tetapi dia mencatat bahwa ini tidak menandakan akhir dari jalan bagi mereka - mereka hanya akan kurang terlihat secara online.

"Tindakan keras bukanlah akhir dari pemujaan terhadap selebritas, melainkan cara untuk mengurangi perilaku tidak beradab yang dihasilkan dari pemujaan terhadap selebritas."