Logo BBC

Bagaimana Varian Delta Bobol Rapatnya Pertahanan Kota-kota Australia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Dalam setahun terakhir, Australia dipandang tergolong berhasil meredam pandemi Covid-19. Negara itu sudah memasuki tahap "normal Covid" yang membuat warganya bisa makan dengan bebas di restoran dan mengunjungi kelab malam serta bisa ramai-ramai nonton pertunjukan musik.

Pertahanan menangkal serangan Covid di Australia -- mulai dari penutupan perbatasan hingga kewajiban karantina -- dinilai 99,99% manjur.

Saat muncul kenaikan kasus yang tidak biasa di suatu wilayah, pihak berwenang langsung bertindak dengan me-lockdown kota tersebut sambil mencari (tracing) siapa saja yang terpapar.

Sydney, kota terbesar sekaligus termakmur di Australia, berhasil untuk tidak sampai menerapkan karantina wilayah berkali-kali karena sistem penelusurannya yang "kelas satu."

Namun, ceritanya langsung berubah dalam dua pekan terakhir. atau saat Covid varian Delta berhasil membobol pertahanan kota itu.

Dalam satu pekan, angka positif di sana melonjak hingga lebih dari 100 kasus.

Mulai Jumat 25 Juni, pejabat setempat akhirnya memutuskan terapkan lockdown di Sydney. Senin pekan ini, krisis di Sydney itu menjalar ke tingkat nasional - di mana lonjakan kasus terjadi di empat negara bagian maupun wilayah.

Empat kota besar -- Sydney, Darwin, Perth, dan Brisbane -- kini menjalani lockdown.

Lebih dari 20 juta warga Australia, sekitar 80?ri total populasinya, kini harus mengalami pembatasan kegiatan. Ini jumlah terbesar sejak lockdown nasional kali pertama diterapkan di awal pandemi tahun lalu.

Dalam pertemuan darurat Senin (28/6), pemerintah pusat dan daerah berupaya mengatasi lonjakan kasus dengan memperluas akses vaksinasi bagi masyarakat.