Dua WNI Diserang di Philadelphia, Rekaman CCTV Diperiksa

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVA/Dinia

VIVA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno P. Marsudi memastikan bahwa pemerintah melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York telah berkomunikasi dengan pemerintah setempat terkait insiden dua WNI yang diserang di Philadelphia, Amerika Serikat. Retno menekankan pihak kepolisian setempat juga telah melakukan pengusutan.

Senator Akan Ajukan Undang-Undang untuk Blokir Penjualan Senjata AS ke Israel

"KJRI New York sudah lakukan komunikasi dengan kantor wali kota Philadelpia sampaikan concern sambil tentunya hormati privacy act," kata Retno kepada wartawan, Sabtu 27 Maret 2021.

Retno mengatakan, usai kejadian tersebut, seluruh perwakilan RI dalam hal ini Kementerian Luar Negeri di negeri Paman Sam telah mengeluarkan imbauan. Yang pada intinya agar warga Indonesia tetap waspada usia insiden serangan rasial dan perundungan.

Ledakan Walkie Talkie dan Pager di Lebanon, Diduga Ada Campur Tangan AS-Israel

"Secara terus-menerus keluarkan imbauan kepada seluruh WNI di AS untuk waspada dan hati- hati serta segera laporkan ke aparat keamanan atau hotline perwakilan RI jika alami insiden," ujarnya.

Retno juga memastikan, Kepolisian setempat sudah datang untuk menyelidiki kasus tersebut termasuk tempat kejadian yang berada di stasiun kereta. 

Istana Tepis Kaesang Pangarep Gaya Hidupnya Bermewah-mewahan

Selain itu lanjut Retno, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu Ngurah Swajaya juga telah berbicara langsung dengan Duta Besar Sung Kim sebagai Acting Assistant Secretary for East Asia and Pacific Kementerian Luar Negeri AS agar ke depan mendapat perhatian perlindungan dan keselamatan WNI di AS.

"Polisi sedang selidiki rekaman CCTV," tutur Retno.

"Duta Besar Kim  menegaskan penegak hukum di AS ( baik federal.maupun lokal) akan terus berusaha tangani kasus tersebut dan kasus lain serupa," kata Retno.
 

Brian Mcknight Konser di Jakarta

Brian McKnight Memukau Jakarta hingga Duet dengan Dira Sugandi

Brian McKnight, kembali memikat hati para penggemarnya di Indonesia dengan konser tunggal bertajuk "An Evening with Brian McKnight" pada Jumat, 20 September 2024.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024