Logo BBC

Kasus Baru COVID-19, China Tes 9 Juta Warga di Qingdao dalam 5 Hari

Kota Qingdao yang terletak di pesisir China mengonfrimasi adanya segelintir kasus yang terjadi pada Minggu (11/10).-BARCROFT MEDIA
Kota Qingdao yang terletak di pesisir China mengonfrimasi adanya segelintir kasus yang terjadi pada Minggu (11/10).-BARCROFT MEDIA
Sumber :
  • bbc

Pihak berwenang di Qingdao, China, akan melakukan pengetesan Covid-19 terhadap seluruh sembilan juta populasinya dalam waktu lima hari setelah ditemukan kasus Covid-19 di kota itu.

Pengetesan massal itu dilakukan setelah ada laporan 12 kasus baru, melibatkan sebuah rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 yang datang dari luar negeri.

Ini untuk kedua kalinya China melakukan pengetesan secara massal. Sebelumnya, pada Mei lalu, China melakukan pengetesan pada 11 juta warga Wuhan yang kala itu menjadi episentrum pandemi global.

Secara umum, negara itu mampu mengontrol pandemi vrius corona.

Hal itu sangat kontras dengan bagian lain di dunia, di mana masih ada jumlah kasus yang tinggi dan penerapan karantina wilayah dengan tingkat pengetatan yang berbeda-beda.

Demikian halnya dengan jumlah dan jangka waktu pengetesan massal, kontras dengan apa yang terjadi di negara-negara lain, misalnya, di Indonesia, hingga Senin (12/10) tercatat baru 2.338.550 orang menjalani tes selama enam bulan pandemi, menurut data pemerintah Indonesia.

Dalam pernyataan yang diunggah di situs media sosial China, Weibo, komisi kesehatan Qingdao mengatakan enam kasus dan enam kasus tanpa gejala telah terindentifikasi.

Semua kasus itu terkait dengan rumah sakit yang sama, menurut Global Times.