Satu Keluarga Tinggal di Bandara Selama 3 Bulan, Kok Bisa?

Bandara Suvarnabhumi Bangkok
Sumber :
  • REUTERS/Athit Perawongmetha

VIVA – Hal tak biasa mirip kisah di film ‘Terminal’ yang dibintangi aktor Hollywood Tom Hanks, dialami oleh keluarga asal Zimbabwe. Satu keluarga asal negara itu diketahui tiga bulan terakhir harus tinggal di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand.

Millen Cyrus Izin Mau Operasi Payudara, Ibunda Menangis

Hal itu terjadi lantaran mereka dianggap tak memiliki visa yang benar saat akan meninggalkan Bangkok menuju Spanyol pada Oktober 2017. Dikutip dari laman BBC, keluarga asal Zimbabwe itu terdiri atas empat anak di bawah usia 11 tahun dan empat orang dewasa tiba di Bangkok pada Mei 2017.

Namun, saat mereka akan meninggalkan Bangkok, diketahui bahwa visa turis mereka bukanlah visa yang seharusnya. Mereka tak bisa keluar bandara Thailand karena visa turis sudah overstay. Sementara itu, keluarga juga menolak kembali ke negaranya dengan alasan mereka mengalami persekusi.

Sampah di Bangkok Menggunung Hingga 8.000 Ton per Hari

Masalah keluarga ini akhirnya mendapatkan solusi tatkala salah seorang petugas di Bandara Suvarnabhumi mengunggah fotonya pada Desember lalu, bersama salah seorang anak dari keluarga itu dengan merasa prihatin bahwa keluarga mereka mengalami masalah luar biasa.

Akhirnya, pihak berwajib mengurusi dan menyatakan bahwa bantuan sudah diupayakan kepada keluarga tersebut dengan membuat perjanjian bersama Ukraine International Airlines (UIA) yang akan membawa mereka ke Dubai via Kiev dan membawanya ke negara-negara yang menerima pengungsi sementara setelah melalui imigrasi Eropa.

Ibu Kota Thailand Berganti Nama Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Namun, keluarga tersebut setelah sempat terbang ke Dubai malah membatalkan tiket selanjutnya dan memilih kembali ke Bangkok serta meminta asistensi dari staf PBB. Akhirnya juru bicara Imigrasi Thailand menyatakan bahwa keluarga tersebut sudah meninggalkan Bangkok pada Senin, 23 Januari 2018 setelah tinggal di bandara selama lebih dari tiga bulan. (art)

Artis Thailand, Tangmo Nida

7 Fakta Tangmo Nida, Artis Thailand Meninggal Secara Misterius

Artis Thailand, Tangmo Nida sedang ramai jadi perbincangan netizen di media sosial lantaran diketahui kematiannya sangat misterius. Ia terjatuh dari speedboat.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022