Surati Menko Airlangga, Menteri Basuki Minta Pengerjaan Proyek Startegis Nasional Diperpanjang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Antara

Jakarta –  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, dia akan mengirim surat kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Surat itu berisi permintaan dispensasi agar beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) bisa diselesaikan pada semester II-2024, dari seharusnya semester I-2024.

"Jadi kalau suratnya Pak Menko itu semua PSN harus selesai paling lambat semester I-2024, kami sedang berkirim surat bisa kita lakukan tetapi ada beberapa yang semester II-2024. Semester II-2024 ini kita minta dispensasi kepada beliau," katanya di Hotel Grand Sheraton, Jakarta, Rabu, 26 Juli 2023.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

Ketua Umum Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :
  • istimewa

Adapun Kementerian PUPR mendapatkan tugas untuk menyelesaikan 125 PSN. Dalam hal ini terdiri dari 51 ruas jalan tol dan jembatan, 56 bendungan dan irigasi, 13 proyek air minum dan sanitasi, dua proyek perumahan, satu proyek tanggul pantai, satu proyek Universitas Islam Internasional Indonesia, dan satu proyek kawasan industri Batang.

Kantongi Izin PUPR Bangun PLTS di Bendungan, ESDM Siap Dongkrak Listrik hingga 14 GW

Basuki mengatakan, hingga Juli 2023 PSN yang sudah selesai sebanyak 87 proyek atau 70 persen dari target. Kemudian sebanyak 24 PSN yang ditargetkan selesai sampai akhir 2023. Sehingga, sisa PSN diminta kompensasi agar bisa diselesaikan sampai semester II-2024.

Untuk proyek bendungan terdapat lima yang diminta dispensasi di antaranya Bendungan Bener di Purworejo, Bendungan Lalu Simeme di Sumatera Utara, Bendungan Budong-budong di Sulawesi Barat, Bendungan Bolango Ulu di Gorontalo, serta Bendungan Mbay di Nusa Tenggara Timur.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Sementara di sektor tol sebanyak tiga yang dimintakan dispensasi karena baru bisa selesai di semester II-2024 yakni Tol Serang-Panimbang di Banten, Tol Akses Patimban di Indramayu, dan Tol Semarang-Demak. 

"Jadi 125 PSN di PUPR, yang sudah selesai 87 PSN, yang lainnya akan selesai lagi di 2023. Kemudian di semester I-2024 akan ada selesai, ada yang semester II-2024. Kalau di PUPR nggak ada yang belum dilaksanakan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya