Menguat Pagi Ini, Rupiah Diperkirakan Kembali Menuju Rp 14.900 per Dolar AS

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi, 14 Juli 2023. Rupiah menguat sebesar 6 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp 14.959 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 14.965 per dolar AS.

Sektor Ritel Diproyeksi Untung Selama Kuartal-IV 2024 Jika BI Lakukan Ini

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 14.978 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat kembali pada hari ini.

Rupiah Menguat Terdorong Pemangkasan Suku Bunga Bank Sentral Eropa

"Rupiah mungkin bisa menguat lagi terhadap dolar AS. Karena data inflasi produsen AS yang dirilis semalam mengonfirmasi bahwa kenaikan inflasi di AS sudah melandai," ujar Ariston kepada VIVA Bisnis, Jumat, 14 Juli 2023.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Rupiah Pagi Ini Melemah ke Level Rp 15.420 per Dolar AS

Ariston menilai, data tersebut menambah keyakinan pasar bahwa Bank Sentral AS akan menghentikan kebijakan suku bunga tinggi dalam waktu dekat.

Sehingga, jelas Ariston, indeks dolar AS kini turun ke bawah level 100. Untuk saat ini bergerak di kisaran 99. Sedangkan obligasi Pemerintah AS juga dalam tren menurun.

"Tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS yang seringkali merefleksikan kebijakan suku bunga acuan AS juga dalam tren turun," kata dia.

Adapun untuk hari ini, mata uang rupiah berpotensi menguat ke arah Rp 14.900. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 14.980.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya