Rute Transjakarta ke Bandara Soetta Diuji Coba, AP II: Opsi Dukung Mobilitas Pekerja dan Masyarakat

TransJakarta Rute Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.

Jakarta – Mulai hari ini, Rabu, 5 Juli 2023, Transjakarta telah memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta selama dua minggu ke depan, dengan tarif yang ditetapkan sebesar Rp 0 alias gratis.

Hadiri Sidang Pleno, Menaker Tegaskan Peran Penting Dapenas Wujudkan Ketenagakerjaan Berdaya Saing

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono juga turut mengikuti uji coba hari ini. Ia mengatakan, selama masa uji coba layanan Transjakarta rute Kalideres - Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan setiap hari pada pukul 06.00 - 09.00 WIB dan 18.00 - 21.00 WIB. 

"Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk melayani masyarakat Jakarta yang bekerja di sekitar bandara, melayani masyarakat yang memang pulang-pergi di wilayah bandara dan kembali ke rumah mereka di Jakarta," kata Heru Budi dalam keterangannya, Rabu, 5 Juli 2023.

TransJakarta to Add 500 More Electric Buses This Year

"Layanan ini juga akan melayani seluruh masyarakat yang hari-hari atau saat-saat tertentu berkepentingan menuju Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Bandara Soetta.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)
Jumlah Pekerja Kena PHK di Indonesia Naik 21,45 Persen, DKI Jakarta Paling Banyak

Senada, President Director Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin mengatakan, terealisasinya layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta ini adalah berkat dukungan dari seluruh pihak.

"AP II berterima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan dan Transjakarta, TNI dan Polri, serta para stakeholder lainnya yang telah mendukung adanya layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta," kata Awaluddin.

Dia menambahkan, seluruh pihak telah bergerak dengan cepat, saat usulan ini pertama kali diutarakan kepada Pj Gubernur DKI Jakarta pada 28 Mei 2023. "Dan pada 5 Juli 2023 uji coba layanan Transjakarta sudah berjalan di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Awaluddin.

Adapun jumlah pekerja di Bandara Soekarno-Hatta yakni sekitar 40.000 - 50.000 orang setiap harinya, serta jumlah penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sebelum pandemi berkisar 180.000 - 200.000 orang. 

"Layanan Transjakarta menjadi opsi untuk mendukung mobilitas pekerja dan masyarakat umum dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta," kata Awaluddin. 

"Pekerja dan masyarakat umum yang berangkat dengan Transjakarta, setibanya di Bandara Soekarno-Hatta dapat melanjutkan ke tujuan akhir seperti misalnya terminal penumpang dengan shuttle bus ataupun Skytrain," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya