Hilirisasi Buka Lapangan Kerja Baru, Menteri Suharso Harap Dilanjutkan Pengganti Jokowi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa meminta, kepada Pemerintah di era kepemimpinan presiden berikutnya untuk melanjutkan program pembukaan penciptaan lapangan kerja. Salah satunya melalui hilirisasi smelter, yang saat ini sudah dibuktikan pada komoditas nikel mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Erick Thohir Ungkap Vale Lapor ke Jokowi soal Potensi Investasi Rp 169,4 T dengan VW hingga Ford

Menurut Suharso, pada pekerjaan di bidang industrialisasi yang dinilai ialah tingkat kompleksitas. Karena, semakin kompleks suatu pekerjaan maka penciptaan lapangan kerja atau job creation juga semakin besar.

"Contoh kalau kita tambang nikel, kalau nikel waktu dia hanya kita ekspor dalam bentuk (mentah) saja berapa sih lapangan pekerjaan yang terbentuk. Ketika kemudian dia mulai ada smelter berapa ribu orang yang bekerja," kata Suharso saat pertemuan dengan para pemimpin redaksi (Pemred) di Jakarta, 20 Juni 2023.

Kenang Faisal Basri, Luhut: Indonesia Kehilangan Seorang Pemikir Besar

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Suharso mengatakan, dengan adanya hilirisasi produk dari nikel juga semakin berkembang, yang mana nikel dapat diolah menjadi produk sendok hingga garpu.

Dradjad Wibowo: Hilirisasi dan Menjaga Kelestarian Alam Penting untuk Pertumbuhan Ekonomi 

"Nah ini yang mustinya didorong, untuk itu dan menurut saya pertama orang-orang mesti canggih. Anak-anak itu mesti pintar, cerdas, terampil, dan tingkat kewirausahaan kita sebenarnya cukup tinggi," ujarnya.

"Tapi untuk menghasilkan dengan volume bisnis yang besar tidak banyak orang. Nah, menurut saya Pemerintahan yang akan datang sudah dimulai dari sekarang ini dalam hal melanjutkan," tambahnya.

Reorganisasi antara MIND ID dan INALUM akan mengakselerasi program hilirisasi

Photo :
  • INALUM

Suharso melanjutkan, berdasarkan sejarah Korea Selatan mampu sukses seperti saat ini dikarenakan banyaknya terciptanya entrepreneur.

"Kalau kita baca sejarah Korsel sukses itu karena yang menyertainya terciptanya entrepreneur yang luar biasa dapatnya banyak jutaan itu yang menarik mereka. Sampai budaya musik semua menciptakan. Jadi konsep keanekaragaman itu yang harus dikejar," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya