KCIC Ungkap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah 85 Persen

Trainset Kereta Cepat Jakarta-Bandung tipe CR400AF.
Sumber :
  • Dok. KCIC

VIVA – Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet memastikan, sampai saat ini progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sudah mencapai angka 85 persen. 

Survei Indikator: Publik Ingin Indonesia Tingkatkan Kerja Sama dengan China

"Saat ini progres (Proyek KCJB) sudah mencapai 85 persen, masih ada beberapa pekerjaan tunnel II, pre loading, track laying, dan penyelesaian stasiun," kata Dwiyana dalam telekonferensi, Jumat, 5 Agustus 2022.

Dwiyana mengatakan, Proyek KCJB ini merupakan lambang kedekatan antara dua pemimpin negara, yakni Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping. Di mana, keduanya tentu juga telah berkomitmen untuk menghadirkan moda konektivitas masa depan yang andal, nyaman, dan modern.

Menlu China Kasih Wejangan ke Israel: Kekacauan Tidak Menguntungkan Pihak Mana Pun

Karenanya, Dwiyana berharap jika kehadiran KCJB ini nantinya akan dapat meningkatkan konektivitas antara wilayah Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

Terowongan Walini Kereta Cepat Jakarta-Bandung (viva.co.id)

Photo :
  • vstory
Ucapan Penghibur Timnas Indonesia dari Pelatih China

"Harapannya proyek ini bisa membuat konektivitas Jakarta-Bandung semakin cepat, dan menjadi moda transportasi alternatif yang ramah lingkungan," ujarnya.

Diketahui, pengiriman rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), telah dilakukan dari China Ke Indonesia pada hari ini, Jumat 5 Agustus 2022.

Sebanyak 11 rangkaian kereta cepat dan satu CIT (kereta inspeksi) telah selesai diproduksi oleh CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China, pada awal April 2022 kemarin. Sebelum dikirim ke Indonesia, kedua belas rangkaian kereta ini dipastikan telah menyelesaikan 'static test' dan 'dynamic test' terlebih dahulu.

Kereta Cepat Jakarta Bandung KCIC.

Photo :
  • PT KAI

Pengiriman perdana EMU dan CIT ini disebut-sebut sebagai salah satu tonggak sejarah, karena ini adalah pengiriman pertama kalinya EMU kereta api cepat dari Tiongkok ke luar negeri.

"Dan ini akan menjadi hadiah yang spesial dari kita semua, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, untuk negara Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan ke-77 pada 17 Agustus 2022," ujar Dwiyana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya