E-Commerce Ini Pakai Cara Unik Promosi Brand Lokal di Pasar Global

Produk Fesyen di Sonderlab.
Sumber :
  • Tangkapan layar Sonderlab.

VIVA – Perusahaan ritel online, Sonderlab, menegaskan komitmennya untuk mendongkrak merek fesyen anak bangsa agar bisa berkembang di kancah internasional. Cara yang tidak biasa dilakukan guna mewujudkan komitmen tersebut.

Perekonomian Global Masih Stagnan, OJK Waspadai Dampaknya ke Perbankan RI

Direktur Ritel Sonderlab Monica Esther dalam keterangannya, Selasa mengatakan, dalam satu dasawarsa terakhir, perkembangan merek fesyen lokal mendapat banyak apresiasi dunia internasional. Tak sedikit karya-karya anak bangsa yang tampil di panggung fesyen dunia.

"Sonderlab mengkurasi merek lokal dan internasional, memilih merek yang sesuai dengan pasar dan daya tarik secara keseluruhan," ujar Monica Esther, Rabu, 13 Juli 2021.

IHSG Diprediksi Anjlok, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

Dia mengatakan, tidak hanya mengkurasi merek dengan permintaan tinggi, pihaknya juga memperkenalkan merek baru dengan latar belakang dan budaya Indonesia yang menarik dan penuh makna yang mengakar dalam setiap produk.

Menurutnya, salah satu cara unik yang ditawarkan Sonderlab guna mempromosikan brand lokal adalah dengan rilis eksklusif. Sonderlab setiap bulan bekerja dengan merek lokal terkenal untuk merilis produk fashion secara eksklusif.

Jokowi dan Kaesang Turun Gunung 'Kampanyekan' Paslon Respati-Astrid di Pasar Klitikan Solo

"Kolaborasi ini berfungsi sebagai jalan untuk Sonderlab dan merek yang bekerja dengannya untuk mencapai tujuan masing-masing," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, rilis eksklusif juga memberikan hal yang unik untuk pelanggan Sonderlab. Hal tersebut dengan sendirinya menjadi ciri khas Sonderlab dan bagi brand lokal itu bisa menjadi pasar yang potensial jadi bagian dari produk yang pajang di etalasi Sonderlab.

"Di sisi lain, merek yang diajak kolaborasi dapat memasuki pasar Sonderlab dan terhubung ke jaringannya yang luas. Sonderlab menyadari memanfaatkan jaringan media dan influencer untuk memastikan bahwa merek yang berkolaborasi memenuhi kebutuhan pemasaran mereka," tambahnya.

Baca juga: Suntikan PMN Bakal Dorong BTN Genjot Program Satu Juta Rumah

Dalam rilis eksklusif itu, mulai dari tahap brainstorming hingga photoshoot hingga peluncuran produk. Sonderlab memastikan bahwa merek lokal yang bekerja sama dengannya dikenalkan dengan baik ke pasar Indonesia.

"Singkatnya, tujuan Sonderlab adalah agar pelanggannya menemukan merek lokal yang unik, menempatkannya berdampingan dengan merek internasional terkenal untuk menunjukkan keunggulan kompetitif merek fashion Indonesia. Bahkan memungkinkan untuk merek lokal untuk berkolaborasi dengan merek internasional," papar Monica.

Rilisan eksklusif Sonderlab sebelumnya termasuk merek terkenal seperti Mankind, Hotel, ÉGON, Aesthetic Pleasure, Snub n Friends, Taka Craft, Tigah Home, dan Studio Tanda.

Pada akhir tahun 2021, Sonderlab akan memperkenalkan toko offline yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, di mana pasar online terbesarnya saat ini berada.

Toko ini akan menampilkan merek pilihan dan koleksi Sonderlab yang disebut Sonder Select. Atau pilihan produk yang dikemas dalam gaya yang unik dan kolaborasi produk dengan seniman lokal dan internasional. 

"Setelah meluncurkan toko offline di Jakarta, langkah Sonderlab selanjutnya adalah meluncurkan toko offline pada tahun 2022 di Jepang," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya