PLN Siapkan 100 MW Cadangan Listrik untuk MRT Jakarta

Suasana di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Kereta Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta, segera mendapat suplai listrik tambahan dari PLN. Listrik itu akan bersumber dari Pembangkit Listrik Listrik Tenaga Diesel atau PLTD Senayan, dengan kapasitas 100 Megawatt. 

Teknologi Jepang 'Mewarnai' MRT Jakarta

Direktur Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS mengatakan, pihaknya tengah menyelesaikan proyek PLTD Senayan, yang dibangun sejak 2017 itu. Menurutnya, sistem kelistrikan MRT akan terjamin dengan suplai listrik tambahan ini. 

"PLTD Senayan akan jadi back up MRT Jakarta. Kita siapkan back up khusus 100 MW untuk MRT," kata Haryanto di Lontar, Tangerang, Banten, Jumat 29 Maret 2019

DPRD DKI Jakarta Eksekusi Hibah MRT Senilai Rp10 Miliar dari AS

Ia menjelaskan, progres pembangunan PLTD Senayan itu saat ini sudah mencapai 80,98 persen. Sesuai target, PLTD Senayan, akan beroperasi secara komersial (COD) pada September 2019 mendatang. 

"Makanya, kita harus yakin MRT ini merupakan peradaban baru, ini akan betul-betul terjaga kualitas listriknya," ujar dia. 

Cegah Antrean Panjang, MRT Jakarta Sistem Baru Pembelian Tiket

Di satu sisi, ia melanjutkan, pihaknya juga terus mendorong pencapaian pembangunan kelistrikan di pulau Jawa. Salah satu yang terbesar adalah PLTU Jawa 7, dengan kapasitas mencapai 2.000 MW. 

"Secara kontraktual baru selesai April 2020, sekarang sedang kita kejar bekerja siang malam kontraktornya itu kita setengah paksa. Untuk bisa beroperasi Oktober 2019, atau maju dari sebelumnya," kata dia. (asp)

Forum Group Discussion (FGD) PT MRT dengan Pemkot Tangsel.

Proyek MRT Mau Lanjut di Tangsel, Efek Positifnya Konektivitas Wilayah Bakal Meningkat

Pembangunan moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) rencananya akan merambah wilayah Banten, khususnya Kota Tangsel.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2024