Logo BBC

Bakal Balas AS karena Jenderalnya Dibunuh, Seberapa Kuat Militer Iran?

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Iran berjanji akan melakukan serangan balasan setelah komandan militer paling berpengaruh, Jenderal Qasem Soleimani tewas di Baghdad, terhantam rudal yang ditembakkan oleh pesawat tanpa awak milik Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, "akan ada serangan balasan terhadap penjahat" yang melakukan serangan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, pembunuhan Soleiman "untuk menghentikan perang, bukan untuk memulainya". Trump juga mengatakan "kekuasaan teror Soleimani telah berakhir".

Berapa jumlah personel militer Iran?

Iran diperkirakan memiliki 523.000 personel militer aktif, menurut lembaga kajian Inggris International Institute for Strategic Studies. Jumlah tersebut mencakup 350.000 tentara reguler dan setidaknya 150.000 anggota Garda Revolusi.

Juga terdapat 20.000 personel Garda Revolusi yang bertugas di Angkatan Laut. Kelompok ini, antara lain melakukan operasi di Selat Hormuz, wilayah perairan yang menjadi lokasi konfrontasi dengan sejumlah kapal tanker berbendera asing pada 2019.


Garda Revolusi memiliki angkatan laut dan angkatan udara tersendiri selain bertanggung jawab atas persenjataan strategis. - Getty Images