Fajar/Rian Siap Capek Lawan Duo Jepang di Final Korea Open 2019 Besok

Ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian
Sumber :
  • PBSI/badmintonindonesia.org

VIVA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya berhasil maju ke laga puncak, final Korea Open 2019 yang akan digelar Minggu, 29 September 2019. Fajar/Rian melesat ke final usai menumbangkan juara dunia 2018 dari China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen dalam dua game langsung dengan skor ketat 27-25, 22-20.

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

Pertandingan yang berlangsung di Incheon Airport Skydome, Korea, pada Sabtu, 28 September 2019 itu seru dan dramatis. Di kedua babak, Fajar/Rian berhasil menyentuh game point terlebih dahulu, namun selalu berhasil disusul Li/Liu. Aksi balas-balasan deuce pun terjadi dan membuat semua penonton ikut tegang.

Pasangan yang kerap dipanggil FajRi ini mengakui bahwa mereka kurang tenang di poin-poin kritis sehingga lawan kerap berhasil menyamakan kedudukan. Rian mengaku terlalu terburu-buru ingin menyelesaikan permainan, namun malah tak menguntungkan untuk mereka.

Indonesia Wins Two Champion Titles at 2024 All England

“Tadi mungkin fokusnya kami kurang tenang juga. Pengen cepat game malah jadi boomerang buat kami. Akhirnya kami berusaha lebih fokus dan tenang. Di game kedua juga sempat kekejar lagi, tapi kami lebih yakin lagi,” kata Rian, mengutip siaran pers PBSI.

Baca Juga: Fajar/Rian Tembus Semifinal Keenam Tahun Ini, FajRi Belum Redup!

Tembus Semifinal All England, Fajar/Rian Makin Termotivasi Berikan yang Terbaik

Fajar Alfian pun tak menampik sempat hilang fokus karena servisnya selalu dinyatakan fault oleh wasit. Namun beruntung, Fajar berusaha tak terpengaruh dan kembali fokus.

"Game pertama tadi saya sempat keganggu karena servis saya di-fault beberapa kali. Agak heran juga kenapa baru sekarang di-fault, padahal dari babak pertama saya menggunakan servis yang sama. Tapi game kedua akhirnya saya bisa mengatasi hal tersebut,” ujar Fajar.

Fajar/Rian pun sangat bersyukur bisa kembali melaju hingga final. Terakhir kali, FajRi lolos ke laga puncak pada Swiss Open, Maret 2019 lalu. Dalam turnamen tersebut, Fajar/Rian mengalahkan wakil Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin dan keluar sebagai pemenang.

Di laga final Korea Open 2019 besok, Fajar/Rian akan bertemu dengan ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, yang kini menempati ranking 4 dunia. Pertandingan diprediksi akan seru, karena sejauh ini rekor pertemuan mereka 4-5 untuk keunggulan Jepang.

Minggu lalu, Fajar/Rian menang atas Kamura/Sonoda di China Open 2019 dengan skor tipis, 23-21, 22-20. Namun Fajar/Rian tak mau lengah. FajRi mengaku bahwa pasangan Jepang itu ulet dan tak mudah dimatikan. Fajar dan Rian mengatakan akan terus menjaga fokus dan stamina untuk partai puncak esok hari.

"Siap capek dan siapkan staminanya, fokusnya, mentalnya. Apalagi kalau final kan paling penting mentalnya. Kemarin kami sempat ketemu di China Open, tapi kondisi lapangannya di sana dan di Korea ini berbeda. Jadi pasti kami harus mengantisipasi lagi," seru Fajar terkait persiapannya untuk final Korea Open 2019 besok

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya