Ratusan ATM BTN Ikut Bermasalah Dampak Satelit Telkom
- VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id – Anomali yang terjadi pada Satelit Telkom I sejak dua hari lalu turut memberi dampak pada layanan Anjungan Tunai Mandiri, atau ATM PT Bank Tabungan Tbk.
Meski tak signifikan, namun ada sekitar 100-an unit ATM, atau hanya sekira delapan persen dari sekitar 1.900-an ATM milik Bank Tabungan Negara yang mengalami gangguan sejak Jumat lalu.
Demikian diungkapkan Sekretaris Perusahaan PT BTN Agus Susanto dalam keterangannya, Senin 28 Agustus 2017. Meski demikian, nasabah masih bisa melakukan transaksi di kantor cabang, maupun kantor layanan kas BTN.
Nasabah pun dikatakan juga bisa bertransaksi non tunai di layanan digital solution BTN lewat mobile banking, atau pun internet banking. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh nasabah BTN, kami mengupayakan perbaikan secepatnya dengan sementara tetap akan melakukan berkoordinasi dengan Telkom," kata Agus.
Sementara ini, pihaknya membereskan kendala di ATM yang tersebar di area Jabodetabek. Upaya yang dilakukan antara lain mengganti jaringan ATM dengan Modem 4G. Langkah ini diambil, karena solusi ini relatif lebih cepat dibandingkan dengan cara lain. "Kami mengedepankan kecepatan pemulihan pelayanan ke para nasabah," katanya.
Dijelaskannya, pihaknya menargetkan semua layanan ATM yang mengalami kendala di seluruh Indonesia akan selesai dalam waktu tiga hari. Hingga saat ini, BTN tidak mengalami kerugian dan keluhan langsung dari nasabah terkait transaksi mereka.
Ia menambahkan, pihaknya tetap melakukan koordinasi dan komunikasi secara intensif dengan Telkom untuk memperbaiki masalah anomali yang terjadi. "Kami percaya Telkom melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah ini," kata Agus. (asp)