100 ATM BTN Juga Kena Dampak Anomali Satelit Telkom
- VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id – Gangguan yang terjadi pada Satelit Telkom I sejak dua hari yang lalu tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan terhadap layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) PT Bank Tabungan Tbk. Setidaknya hanya ada sekitar 100-an unit ATM atau hanya sekitar 8 persen dari sekitar 1900-an ATM milik Bank BTN yang mengalami gangguan sejak hari Jumat lalu.
Demikian diungkapkan Sekretaris Perusahaan PT Bank BTNÂ Agus Susanto dalam keterangan resminya, Senin 28 Agustus 2017. Meski demikian, Ia melanjutkan, nasabah masih bisa melakukan transaksi di kantor cabang, maupun kantor layanan kas Bank BTN.
Nasabah pun juga bisa bertransaksi non tunai di layanan digital solution Bank BTN lewat mobile banking ataupun internet banking .
"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh nasabah Bank BTN, kami mengupayakan perbaikan secepatnya dengan sementara tetap akan melakukan berkoordinasi dengan Telkom," kata Agus di Jakarta Senin, 28 Agustus 2017.
Sementara ini, kata Agus, pihaknya telah membereskan kendala di ATM yang tersebar di area Jabodetabek. Upaya yang dilakukan antara lain mengganti jaringan ATM dengan Modem 4G. Langkah ini diambil karena solusi ini relatif lebih cepat dibandingkan dengan cara lain.
"Kami mengedepankan kecepatan pemulihan pelayanan ke para nasabah," katanya.
Dijelaskannya, pihaknya menargetkan semua layanan ATM yang mengalami kendala di seluruh Indonesia akan selesai dalam waktu tiga hari. Hingga saat ini, Bank BTN tidak mengalami kerugian dan keluhan langsung dari nasabah terkait transaksi mereka.
Ia menambahkan, pihaknya tetap melakukan koordinasi dan komunikasi secara intensif dengan Telkom untuk memperbaiki masalah anomali yang terjadi.
"Kami percaya Telkom melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah ini," kata Agus.