BI Siap Antisipasi ATM Eror Akibat Gangguan Satelit Telkom
- REUTERS/Fatima El-Kareem
VIVA.co.id – Menanggapi permasalahan layanan terhadap sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM) perbankan yang terjadi sejak Jumat sore, 25 Agustus 2017, Bank Indonesia terus memantau perkembangan pemulihan gangguan, dan terus berkoordinasi dengan industri perbankan serta PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
Menurut Direktur Eksekutif Bank Indonesia, Agusman, dalam keterangan persnya, Minggu, 27 Agustus 2017, permasalahan layanan ini akibat gangguan (anomali) pada satelit Telkom-1. Dengan begitu, saat ini sedang dilakukan upaya pemulihan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya.
"Bank Indonesia sebagai Otoritas Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah siap mendukung perbankan dalam melayani transfer dana masyarakat," kata Agusman.
Selain itu, ia juga memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), berjalan dengan normal.
Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat, Bank Indonesia juga mendukung ketersediaan uang tunai di perbankan.
Informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi contact center masing-masing bank atau Bank Indonesia Contact Center (BICARA) di nomor 131. Seperti diketahui, gangguan transaksi ATM dialami sejumlah bank besar seperti Bank BNI, BRI, Mandiri dan juga BCA. (one)