Sempat Mangkir, Bob Dylan Akhirnya Ambil Hadiah Nobel Sastra

Bob Dylan
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Musisi dan penyair Bob Dylan, akhirnya dikabarkan telah mengambil hadiah Nobel Sastra yang dianugerahkan kepadanya pada Oktober 2016 silam. Dia mengambil hadiah tersebut pada sebuah acara tertutup di Stockhom, Swedia.

Punya Alis Tebal Tandanya Narsis

Sebelumnya, Dylan dijadwalkan bakal hadir pada gelaran resmi penyerahan hadiah nobel pada Desember 2016 lalu, namun dirinya mesti absen karena alasan tertentu. Patti Smith, musisi lainnya, hadir di sana namun sebagai pengisi acara, seperti dilansir dari laman nme.

Salah satu anggota Swedish Academy, pihak penggelar malam anugerah Nobel, akhirnya mewakili penerimaan tersebut dan memberi sepatah dua patah kata tentang Dylan. Ia menyebut bahwa sang musisi adalah "pribadi yang hebat dan baik".

Tidak Ada Hadiah Nobel Kesusasteraan untuk Tahun Ini

Dalam seserahan hadiah yang dilakukan baru-baru ini, dikabarkan tak ada satupun media yang mengekspos karena acaranya sendiri tertutup. Kedatangan Dylan di Swedia, sekaligus mengisi rangkaian penampilannya yang juga digelar di tempat terdekat, Stockholm Waterfront.

Dylan menjadi musisi sekaligus penulis lagu pertama dalam sejarah yang berhasil mendapatkan Nobel Sastra. Pihak Swedish Academy memiliki alasan tersendiri atas terpilihnya Dylan.

Tokoh Hebat Gabriel Marquez, Google Doodle Hari Ini

"Dia menciptakan gaya ekspresi puitis baru, lalu memadukannya dengan musik tradisional Amerika yang luar biasa," ujar salah satu perwakilan dari Swedish Academy, menanggapi sepak terjang pelantun "Like a Rolling Stone" tersebut.

Kiprah Dylan dalam ranah seni dan sastra telah berlangsung lama, yakni sejak tahun 1959. Pria yang kini berumur 75 tahun itu, telah menginspirasi banyak musisi besar di dunia seperti Stephen Foster, Irving Berlin, Woody Guthrie, Bruce Springsteen dan Hank Williams. (mus)

Albert Einstein

Surat Nyinyiran ke Albert Einstein Bakal Dilelang Rp200 Jutaan

Surat tersebut berisi cibiran terhadap Albert Einstein, dari seorang penerima hadiah nobel yang juga fisikawan.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2020