Harbolnas 2016 Diharapkan Raih Transaksi Rp6,3 Triliun

Hari Belanja Online Nasional
Sumber :

VIVA.co.id – Hari Belanja Online Nasional 2016 akan diselenggarakan pada 12-14 Desember 2016. Selama tiga hari ajang tersebut, para pemain dagang online atau e-commerce dapat membukukan nilai transaksi hingga Rp6,3 triliun.

Didominasi Penjualan Produk Lokal, Program Belanja Murah Akhir Tahun 2024 Bukukan Transaksi Puluhan Triliun Rupiah

"Harbolnas tahun lalu dari data Nielsen kan mencapai Rp2,1 triliun. Selama tiga Harbolnas 2016, kita harapkan bisa meningkat 2-3 kali lipatnya," ungkap Ketua Panitia Harbolnas 2016, Miranda Suwanto ditemui awak media usai konferensi pers di Jakarta, Rabu 7 Desember 2017..

Pada momen Harbolnas 2015, setidaknya diikuti sekitar 142 e-commerce. Sedangkan tahun ini, ajang pesta diskon belanja online itu diramaikan 211 para perusahaan e-commerce.

Airlangga Ungkap Transaksi Harbolnas 2024 Capai Rp 31,2 Triliun, Naik 21,4 Persen

Dengan demikian, partisipasi jumlah pelaku online ini ada peningkatan 48,6 persen dari Harbolnas 2015 dengan yang tahun ini.

Miranda mengungkapkan, dengan meningkatnya jumlah peserta Harbolnas itu, diharapkan dapat mencapai target nilai transaksi Rp6,3 triliun. Selain itu, panitia penyelenggara mengimbau kepada para e-commerce yang terlibat di Harbolnas 2016 ini mengantisipasi lonjakan trafik ke situsnya masing-masing.

Top 3 Produk yang Paling Dicari Saat Promo 12.12 Tahun Ini

"Kita sudah lakukan gathering kepada teman-teman peserta. Kita imbau agar mereka melakukan yang terbaik, memastikan agar website-nya mampu menghadapi lonjakan tinggi, konektivitas, sampai pengiriman barangnya," tutur Miranda yang menjabat Senior Vice President Strategic Partnership Lazada Indonesia.

Miranda memastikan, barang-barang yang belum saatnya dipasarkan, maka tak boleh ditawarkan kepada konsumen.

"Kita tidak ada (hukuman). Kita lebih ke imbau agar semua transparan, baik produk dan layanan purna jualnya. Jadi, (Soal barang ilegal) itu balik lagi ke masing-masing," jelasnya.

E-Commerce dukung UMKM

E-Commerce Ini Perkuat Komitmen Dukung UMKM dan Brand Lokal dengan Inovasi Teknologi dan Logistik Terpadu

Lazada Indonesia, salah satu platform eCommerce terkemuka di Indonesia, kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2025