Fakta Unik Survei ShopBack di Harbolnas

Country General Manger Shopback Indonesia, Indra Yonathan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – ShopBack, platform penyedia cashback setiap belanja online melakukan survei terhadap 2.734 responden untuk mengungkap fakta unik Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang akan dilaksanakan pada 12 Desember. Harbolnas 2016 merupakan debut bagi ShopBack. 

Dapatkan Diskon Maksimal di Harbolnas 11.11, Berikut Tips yang Wajib Kamu Coba

Country General Manger Shopback Indonesia, Indra Yonathan mengungkap fakta soal jenis kelamin yang paling banyak belanja di Harbolnas. Ternyata pria yang paling doyan belanja, dengan persentase 53,4 persen, dibanding kaum hawa sebanyak 46,6 persen. 

Untuk segi umur, paling banyak rentang usia 26 hingga 30 tahun sebanyak 29,2 persen. Dari hasil survei itu, pelanggan dengan usia 50 tahun ke atas masih ada yang berebut belanja di Harbolas. Pelanggan tua yang berburu belanja pada momen itu sebanyak 1 persen. 

PNM Beri 5 Tips UMKM Raih Cuan di Harbolnas

"Dari segi profesi, paling banyak karyawan 58,5 persen dan rentang pemasukan (gaji) per bulan dari Rp2,5 juta sampai Rp 5 juta sebanyak 32 persen," ujar Yonathan ketika presentasi di Kawasan Senopati, Jakarta, Selasa, 6 Desember 2016.

Yonathan mengatakan, konsumen terpikat untuk belanja di Harbolnas yaitu promo menarik (55,3 persen). Tawaran promo itu mengalahkan pengaruh iklan, sosial media, latar belakang toko online dan lainnya. 

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Kemudian dari segi kategori produk yang paling laris manis, menurut survei ShopBack yaitu gadget dan aksesori (38,1 persen). fesyen (22 persen). 

"Hasil survei ShopBack juga menunjukkan bahwa 47,3 persen konsumen mengeluarkan bujet hingga Rp250 ribu ketika mereka pertama kali mencoba belanja online," kata Yonathan. 

Mengenai waktu yang diincar, konsumen mayoritas memilih 12 Desember, karena bertepatan dengan hari libur nasional dengan persentase 36,1 persen. Kemudian pengguna yang memilih semua hari sampai 14 Desember mencapai 29,6 persen. (ase)

Ilustrasi Harbolnas.

Strategi Sukses Penjualan Harbolnas dengan Analitik Digital

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) telah menjadi momen yang sangat ditunggu oleh banyak pemilik brand dan para pemburu diskon.

img_title
VIVA.co.id
6 November 2024