Nostalgia Tak Biasa Versi Kla Project

Aksi Kla Project di panggung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id –  Kla Project siap kembali untuk mengobati kerinduan Klanis, sapaan dari penggemarnya, dalam sebuah konser tunggal. Berbeda dengan konser-konser sebelumnya, band yang beranggotakan Katon, Lilo dan Adi ini akan membawakan lagu-lagu hit dari Kla Project dalam balutan nuansa musik etnik.

Selain KLa Project, 8 Band Top Ini Juga Dituding Plagiat

Konser bertajuk Passion, Love and Culture ini rencananya akan digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta 15 Desember 2016 mendatang. Hal yang menjadikan konser Kla Project kali ini istimewa, karena ini adalah kali pertama band ini membawakan musik pop khas mereka bercampur dengan musik etnik.

"Ini hal yang baru, karena kita belum pernah (membawakan musik etnik). Etnik musik di Indonesia belum tahu, kita coba saja,  berani saja," kata personel Kla, Adi Adrian saat jumpa pers di Red Squre Resto En Lounge, Senayan Jakarta, Rabu, 2 November 2016.

Pengklaim Lirik Lagu 'Yogyakarta' Tantang KLa Project Beberkan Bukti

Hal ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi Kla Project. Menurut Adi, dalam penampilannya Desember mendatang berbeda dengan banyak band yang juga memasukkan musik etnik ke dalam musiknya. Untuk Kla Project sendiri, bukan musik etnik yang disesuaikan dengan musik mereka,  melainkan Kla Project sendiri yang akan mengubah susunan nada menyesuaikan dengan musik etnik.

"Biasanya, kalau main musik itu diatonis. Biasanya yang tradisional mengikuti yang  internasional.  Tapi Adi malah enggak mau, kita malah yang mengikuti nada pentatonis," kata Katon di tempat yang sama.

Geger, Lirik Lagu 'Yogyakarta' KLa Project Dituding Hasil Plagiat

"Karena musik etnik Indonesia itu lebih pentatonis, sedang Kla diatonis. Jadi yang menyenangkan karena keterbatasan seni itu.  seni kalau tidak ada tantangan tidak seru," ujar Adi.

Rencananya, Kla Project juga akan menggandeng musisi-musisi etnik dalam konsernya tersebut. Beberapa alat musik seperti Gamelan Bali, Gamelan Sunda, Gamelan Jawa, dan Gamelan Batak, serta Saluang, juga akan dihadirkan pada konser yang juga diadakan sebagai perayaan ulang tahun Kla Project yang ke-28.

Dalam konser tersebut, Kla Project akan tampil dalam durasi 2 jam, dengan membawakan sekitar 15 lagu andalannya.


 

Vokalis KLa Project, Katon Bagaskara

Curhat Katon Bagaskara Usai Lirik KLa Project Dituding Plagiat

"Begitu mudahnya orang-orang mempercayai kebohongan ini," tulis Katon.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2020